Prodi Penmas IKIP Siliwangi Selenggarakan Seminar Nasional Revolusi Industri 4.0

Jumat, 21 Desember 2018

Program Study Pendidikan Masyarakat IKIP Siliwangi menyelenggarakan Seminar Nasional guna Menghadapi Revolusi Industri 4.0  (19/12). Hadir dalam balutan busana Sunda sebagai filosofi nilai dari sebuah pendidikan  dan kebudayaan acara tersebut dibuka langsung oleh Rektor IKIP Siliwangi, Dr. H. Heris Hendriana, M.Pd. dan didampingi dengan Dekan Fakultas Ilmu Pendidikan dan juga para dosen serta mahasiswa di lingkungan IKIP Siliwangi.  Seminar dimulai dengan pemateri pertama oleh Yudan Hermawan, M.Pd tokoh pemuda pelopor yang sangat menginspiratif dan salah satu pendiri dari daerah Wirawisata Goa Pindul –Bantul di Yogyakarta, beliau menjelaskan mengenai Pemberdayaan Masyarakat Pedesaan melalui Wirawisata Pedesaan.

Pada pemaparan materi selanjutnya dijelaskan berbagai strategi mengenai penanggulangan kemiskinan melalui peran dari Pendidikan Masyarakat itu sendiri. Paparan tersebut disampaikan oleh Noldy Richard Supit, SE. Par Staf Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi. Dijelaskan bahwa Indonesia adalah salah satu negara agraris yang sebagian besar masyarakatnya masih tinggal di kawasan pedesaan, pedalaman atau daerah terdepan. Terutama mereka yang masih menggantungkan hidupnya pada sektor pertanian, perkebunan dan berbagai mata penaharian lain yang masih berhubungan dengan pemanfaatan alam secara penuh. Hal tersebut menjadi fokus utama pembangunan masyarakat Indonesia di masa yang akan datang, dimana pembangunan perkotaan dan pedesaan, seolah masih terjadi sesuai dengan kebutuhan faktual, dan bukan pada visi pembangunan jangka panjang yang jauh lebih maju.

Tujuan dilaksanakan seminar nasional Pendidikan Masyarakat itu sendiri diantaranya adalah Memantapkan eksistensi IKIP Siliwangi sebagai ‘smart and innovative campus, melalui perluasan produk penelitian dan pengabdian yang pernah dilakukan oleh sivitas akademika IKIP Siliwangi. Mengembangkan sumber kajian keilmuan pendidikan Masyarakat sebagai salah satu bidang fokus pengembangan pendidikan di Indonesia, yang menjadi salah satu jalur dalam garapan bidang Pendidikan Masyarakat. Memperluas wawasan keilmuan mahasiswa dalam jalur Pendidikan Masyarakat yang berimplikasi pada peningkatan kualitas lulusan/ output program studi Pendidikan Masyarakat.

  • Statistik Pengunjung

    • 799631Total visitors:
    • 203Visitors today:
    • 292Visitors yesterday:
    • 2504Visitors last week:
    • 8050Visitors per month:
    • 329Visitors per day:
    • 1Visitors currently online: