Guna Mewujudkan Mahasiswa yang Berkarakter dan Memiliki Wawasan Kebangsaan, IKIP Siliwangi Gelar Seminar Gerakan Mahasiswa Bela negara Ke-II

Jumat, 21 Desember 2018

Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan (IKIP) Siliwangi menyelenggarakan Seminar Bela Negara dengan tema “Mewujudkan Mahasiswa yang  Berkarakter dan Memiliki Wawasan Kebangsaan”. Acara tersebut dibuka secara langsung oleh Rektor IKIP Siliwangi Dr.H.Heris Hendriana, M.Pd. dihadiri bersama Wakil Rektor II para dosen pengampu mata kuliah Pancasila dan Kewarganegaraan serta seluruh mahasiswa, hadir sebagai pembicara: Ltk Inf. Dr. Hariansyah, Drs., M.Si., Dr. Dadang Solihin M.A. dan Joko Januardi.

Dalam paparan materinya  Ltk Inf. Dr. Hariansyah, Drs., M.Si. menjelaskan bahwa Negara Indonesia terdapat kelemahan dalam sumber daya karena warga negara di Indonesia tidak semuanya pernah mengenyam dunia pendidikan, tidak menjadi berlebih bukan berarti negara tidak bertanggung jawab dengan adanya kemiskinan tetapi warga negaranya yang tidak ingin mengembangkan sumber daya alam yang ada, berbanding terbalik dengan negara lainnya dimana mereka taat pada asas hukum yang berlaku karena tingginya kualitas sumber daya manusia bahkan mewajibkan setiap warga negaranya untuk wajib militer jika ingin dirinya dianggap sebagai warga negara yang baik, membentuk kemampuan tempur kemiliteran, dan memupuk rasa cinta terhadap tanah air, sedangkan di Indonesia hanya terdapat kegiatan bela negara saja agar dapat mengembangkan rasa cinta terhadap tanah air, jiwa patriotisme, nasionalisme.

Pada pemaparan materi menciptakan pemimpin Global dijelaskan oleh Dr. Dadang Solihin M.A bahwa Di era global dan industri 4.0 diperlukan peran pemimpin harus memiliki integritas tinggi terhadap sebuah komitmen memajukan bangsa dan negara, tiga kompetensi guna  bahan penunjang kompetensi tersebut adalah Visi, Inovasi, mobilitas dan Wawasan Kebangsaan. Sehingga bangsa Indonesia dapat memandang jati diri, dan lingkungannya dalam mencapai tujuan nasional, dengan mengacu kepada Pancasila dan UUD 1945. Pada kesempatan yang lain Joko Januardi  menjelaskan bahwa negara sedang membutuhkan peran yang nyata dari para mahasiswa salah satunya dengan hadirnya Menwa di Lingkungan Civitas Akademika IKIP Siliwangi.

  • Statistik Pengunjung

    • 799625Total visitors:
    • 197Visitors today:
    • 292Visitors yesterday:
    • 2498Visitors last week:
    • 8044Visitors per month:
    • 329Visitors per day:
    • 3Visitors currently online: