IKIP Siliwangi Gelar Upacara Peringatan Hari Pendidikan Nasional 2024: Dosen dan Mahasiswa Bersatu Padu Wujudkan Cita-cita Pendidikan

Cimahi, 2 Mei 2024 – Dalam rangka memperingati Hari Pendidikan Nasional yang jatuh pada tanggal 2 Mei, Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan (IKIP) Siliwangi menggelar upacara bendera di lapangan Gedung A Kampus Cimahi pada pukul 09.00 pagi. Upacara ini dihadiri oleh seluruh civitas akademika IKIP Siliwangi, termasuk dosen, pimpinan, dan perwakilan mahasiswa dari berbagai organisasi mahasiswa (Ormawa).

Dr. Hj. Wikanengsih, M.Pd. sebagai pembina upacara
Dr. Hj. Wikanengsih, M.Pd. sebagai pembina upacara

Bertindak sebagai pembina upacara adalah Dr. Hj. Wikanengsih, M. Pd., Warek Bidang Akademik IKIP Siliwangi. Dalam sambutannya, Dr. Wikanengsih menyampaikan pentingnya memperingati Hari Pendidikan Nasional untuk mengenang jasa para pahlawan pendidikan dan meneguhkan komitmen IKIP Siliwangi dalam mewujudkan cita-cita pendidikan bangsa.

Dr. Wikanengsih mengingatkan seluruh civitas akademika IKIP Siliwangi untuk selalu mengamalkan moto pendidikan Ki Hajar Dewantara, yaitu “Ing ngarso sung tulodo” (menjadi teladan di depan), “Ing madya mangun karsa” (menjadi pendamping di tengah), dan “Tut wuri handayani” (memberikan dorongan dari belakang).

Beliau juga menyampaikan apresiasinya atas partisipasi aktif mahasiswa dan dosen dalam menyukseskan program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM), seperti Program Magang Mahasiswa (PMM), Kampus Mengajar, dan lain sebagainya. IKIP Siliwangi sendiri memiliki program yang mendukung MBKM yaitu Gerakan IKIP Siliwangi Mengajar (GISMA).

Upacara ditutup dengan menyanyikan Hymne Guru oleh seluruh peserta upacara. Semangat peringatan Hari Pendidikan Nasional diharapkan dapat membangkitkan semangat civitas akademika IKIP Siliwangi untuk terus berkarya dan memberikan kontribusi terbaik bagi dunia pendidikan Indonesia.

Simak selengkapnya upacara peringatan melalui kanal YouTube IKIP Siliwangi TV 

Galeri Foto

Scroll to Top