Pendidikan Profesi Guru (PPG)

Visi, Misi dan tujuan PPG IKIP Siliwangi yang telah disahkan oleh Senat Akademik adalah sebagai berikut:

Visi PG IKIP Siliwangi

Terwujudnya program yang menjadi rujukan inovasi kegiatan dan menghasilkan program kegiatan PPG bermutu dan pendidik professional yang memiliki kompetensi dalam menghadapi era pembelajaran abad 21 di Tahun 2037

Misi IKIP Siliwangi

Dalam merealisasikan visinya, PPG IKIP Siliwangi memiliki misi sebagai berikut:

  1. Menyelenggarakan pendidikan profesi dan pengajaran yang Inovatif serta menjadi rujukan untuk menghasilkan tenaga pendidik yang profesional dalam pembelajaran abad 21 serta memiliki kompetensi yang berdaya saing global bersertifkat.
  2. Melaksanakan kegiatan peningkatan kompetensi inovasi dalam penyelesaian masalah pembelajaran melalui penelitian, publikasi ilmiah dan penciptaan hak kekayaan intelektual (HKI) untuk menjadi rujukan dalam pembelajaran inovatif yang berorientasi pada pembelajaran abad 21 bersertifikat.
  3. Melaksanakan kegiatan pengabdian masyarakat melalui penyebarluasan dan penerapan inovasi pembelajaran abad 21 yang dijadikan rujukan inovasi dalam pengabdian masyarakat.
  4. Mengembangkan dan mengokohkan jejaring kemitraan dengan stakeholders, user, Forum nasional pendidikan profesi guru se-Indonesia untuk mengoptimalkan peran dan fungsi PPG IKIP Siliwangi.

Tujuan IKIP Siliwangi

Dalam merealisasikan visinya, PPG IKIP Siliwangi memiliki Tujuan sebagai berikut:

  1. Memenuhi kebutuhan pendidik professional tingkat nasional dalam rangka meningkatkan kualitas pendidik di satuan pendidikan yang bersertifikat.
  2. Menghasilkan tenaga pendidik professional yang:
    1. Mampu melaksanakan tugas keprofesian sebagai pendidik yang memesona, yang dilandasi sikap cinta tanah air, berwibawa, tegas, disiplin, penuh panggilan jiwa, samapta, disertai dengan jiwa kesepenuhhatian dan kemurahhatian.
    2. Mampu merumuskan indikator capaian pembelajaran berpikir tingkat tinggi yang harus dimiliki peserta didik mencakup pengetahuan, keterampilan, dan sikap secara utuh dan berorientasi masa depan.
    3. Menguasai materi ajar termasuk advance materials secara bermakna yang dapat menjelaskan aspek konten, filosofi, penerapan dalam kehidupan sehari-hari.
    4. Mampu merancang pembelajaran dengan menerapkan prinsip memadukan pengetahuan materi ajar, pedagogik, serta teknologi informasi dan komunikasi atau Technological Pedagogical And Content Knowledge dan pendekatan lain yang relevan.
    5. Mampu melaksanakan pembelajaran yang mendidik dengan menerapkan teknologi informasi dan komunikasi untuk membangun pengetahuan, keterampilan, dan sikap (karakter indonesia) peserta didik dalam memecahkan masalah secara kritis dan humanis, inovatif, kreatif, kolaboratif dan komunikatif dengan menggunakan model pembelajaran dan sumber belajar yang didukung hasil penelitian.
    6. Mampu mengevaluasi masukan, proses, dan hasil pembelajaran mencakup sikap, pengetahuan, dan keterampilan peserta didik dengan menerapkan asesmen otentik, serta memanfaatkan hasil evaluasi untuk perbaikan kualitas pembelajaran.
    7. Mampu mengembangkan diri secara berkelanjutan sebagai guru professional melalui penelitian, refleksi diri, pencarian informasi baru dan inovasi.

Nilai-Nilai Dasar PPG IKIP Siliwangi

Nilai–nilai dasar PPG IKIP Siliwangi merupakan keterpaduan antara nilai pancasila dengan profesionalisme yang unggul dalam pendidikan. Nilai-nilai pancasila menegaskan terhadap seseorang untuk memiliki profil pancasila dengan ilmu amaliah dan amal ilmiah yang memperjuangkan nilai ketuhaanan, kemanusiaan, persatuan dan kesatuan, serta kebijaksanaan dan berkeadilan. Profesionalisme seorang lulusan PPG IKIP Siliwangi akan memberikan kontribusi terhadap aplikasi setiap pekerjaan dan kehidupannya sehari-hari yang menjunjung tinggi kebenaran dan kedisiplinan serta memiliki inovasi dalam pembelajaran berbasis ICT.

Memperhatikan nilai-nilai dasar tersebut, PPG IKIP Siliwangi telah berkomitmen untuk menghasilkan output memiliki profil pancasila, inovatif dan eksistensi dalam pendidikan. Para lulusan tersebut dapat memberikan kontribusi besar terhadap tridharma perguruan tinggi serta peningkatan mutu lulusan PPG IKIP Siliwangi.

Nilai dasar PPG IKIP Siliwangi menjadi dasar bagi program profesi guru dalam merumuskan, merencanakan, mengelola serta melaksanakan kegiatan akademik, non akademik, kelembagaan serta kemahasiswaan dalam penyelenggaraan pendidikan profesi guru.

Pengumuman:
  • SK Pengumuman Kelulusan PPG Daljab Angkatan 1, 2 dan 3 IKIP Siliwangi Tahun 2021 (klik disini)
  • Sertifikat Pendidik PPG Dalam Jabatan IKIP Siliwangi Tahun 2021 (Klik disini)
  • SK Pengumuman Kelulusan PPG Daljab Angkatan 4 dan Retaker IKIP Siliwangi Gelombang II tahun 2021 (klik disini)
  • Sertifikat Pendidik PPG dalam Jabatan Angkatan 4 dan Retaker 1, 2 dan 3 IKIP Siliwangi Tahun 2021 (Klik disini)
id_IDIndonesian