Profil

IKIP Siliwangi adalah sebuah institusi pendidikan di Jawa Barat, Indonesia, yang memiliki visi dan misi kuat dalam menciptakan pendidik unggul yang mampu bersaing secara global dan memiliki semangat kewirausahaan. Didirikan pada tahun 1986 dengan nama STKIP Siliwangi, dan kemudian berganti nama menjadi IKIP Siliwangi pada tahun 2017 sesuai dengan Keputusan Menteri Riset dan Teknologi Pendidikan Tinggi No. 673 / KPT / I / 2017 tanggal 5 Desember 2017. Gerbang Utama IKIP Siliwangi

Visi IKIP Siliwangi adalah mewujudkan Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan yang unggul dan bersaing secara global, serta menghasilkan pendidik yang unggul dalam inovasi pembelajaran dengan semangat pancasilais dan jiwa berwirausaha pada tahun 2037.

Misi IKIP Siliwangi mencakup penyelenggaraan pendidikan, penelitian inovatif, kegiatan pelayanan masyarakat berbasis teknologi, serta pengembangan dan penguatan jaringan kemitraan.

IKIP Siliwangi memiliki beberapa fakultas dan program studi, antara lain Fakultas Ilmu Pendidikan dengan program studi Pendidikan Masyarakat, Pendidikan Anak Usia Dini, Bimbingan dan Konseling, dan Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Selain itu, ada juga Fakultas Pendidikan Bahasa dengan program studi Pendidikan Bahasa Inggris dan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, serta Fakultas Matematika dan Ilmu Sains dengan program studi Pendidikan Matematika.

Fasilitas pendidikan di IKIP Siliwangi termasuk ruang kuliah, laboratorium komputer, laboratorium bahasa, ruang kelas pintar, laboratorium penitipan anak, lapangan olahraga, perpustakaan, dan gedung serbaguna yang mampu menampung hingga 2000 orang.

Dosen-dosen di IKIP Siliwangi adalah para ahli di bidangnya masing-masing dan aktif dalam menjalankan Tri Dharma Perguruan Tinggi, yaitu pendidikan, penelitian, dan pengabdian masyarakat. Para dosen berperan dalam inovasi pembelajaran berbasis penelitian, menyelesaikan masalah pendidikan, dan memberikan pelayanan masyarakat melalui konseling dan program sosial.

IKIP Siliwangi juga memiliki Gerakan IKIP Siliwangi Mengajar (GISMA), yang merupakan kegiatan pengabdian masyarakat yang dilakukan oleh para dosen.

Dalam lima tahun terakhir, jumlah mahasiswa aktif di IKIP Siliwangi terus mengalami peningkatan, mencerminkan minat yang terus bertumbuh terhadap IKIP Siliwangi.

IKIP Siliwangi juga aktif dalam menjalin kerjasama dengan berbagai lembaga pendidikan dan universitas dalam dan luar negeri, sekolah tinggi, departemen pendidikan, bank, dan pemerintah daerah.

IKIP Siliwangi berkomitmen untuk terus berinovasi dan memberikan kontribusi positif dalam bidang pendidikan dan pengembangan sumber daya manusia di Indonesia. Fasilitas yang lengkap, tenaga pengajar berkualitas, dan fokus pada inovasi membuat IKIP Siliwangi menjadi salah satu institusi pendidikan yang menonjol di wilayah Jawa Barat dan Indonesia secara keseluruhan.

id_IDIndonesian