semnasmat

OPTIMALISASI PEMANFAATAN MEDIA PEMBELAJARAN DAN APLIKASI TIK DALAM MENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN MATEMATIKA

 

  1. PENDAHULUAN

Setiap negara mempunyai sistem pendidikan yang berbeda-beda dengan penekanan pada variabel tertentu di dalam pendidikan. Pada variabel tersebut terkandung tujuan yang akan dicapai, baik jangka panjang maupun jangka pendek yang akan memberikan arah bagi negara tersebut untuk menciptakan manusia dan bentuk negara yang mereka inginkan berdasarkan sumber daya manusia yang kompeten berdasarkan sistem pendidikan.

Terbentuknya sumber daya manusia yang kompeten dapat dihasilkan melalui peningkatan kualitas dalam pembelajaran. Salah satu cara yang dapat meningkatkan kualitas pembelajaran adalah melalui pemanfaatan Media Pembelajaran berbasis Information and Communication Technology (ICT) secara optimal. Penggunaan Media Pembelajaran dapat menciptakan berbagai situasi kelas, menentukan metode pengajaran yang akan dipakai dan menciptakan iklim yang sehat antar peserta didik. Media pembelajaran yang berbasis ICT ataupun pembelajaran yang mengaplikasikan TIK selain mempermudah dalam proses pembelajaran juga menjadi langkah untuk mengenalkan kepada peserta didik mengenai teknologi yang sudah berkembang pada saat ini. Berdasarkan hal tersebut, maka dibutuhkan pengetahuan untuk pendidik maupun calon pendidik mengenai media pembelajaran dan aplikasi TIK yang baik dan sesuai untuk digunakan dalam proses pembelajaran.

Kompleksitas masalah yang dihadapi di lapangan membutuhkan studi yang komprehensif dan melibatkan banyak bidang ilmu, termasuk matematika. Matematika dapat berperan dalam menganalisa masalah, memodelkan penyelesaian, simulasi dan implementasi penyelesaian atas masalah tersebut. Media pembelajaran dan aplikasi TIK dalam meningkatkan kualitas pembelajaran matematika yang diharapkan menjadi topik diskusi dalam Seminar Nasional Matematika 2018.

Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika 2018 yang akan diadakan ini merupakan seminar nasional yang di selenggarakan oleh Program Studi Pendidikan Matematika IKIP Siliwangi. Seminar Nasional ini sudah dilakukan secara rutin setiap tahun. Seminar ini terbuka untuk umum, baik matematikawan, mahasiswa, guru, peminat matematika dan masyarakat luas serta dosen.

Kegiatan Seminar Nasional Matematika 2018 terdiri dari beberapa kegiatan, yaitu Presentasi Makalah Utama, dan Presentasi Makalah Paralel. Presentasi Makalah Utama merupakan acara yang disediakan untuk 3 pembicara tamu. Pembicara tamu pertama  Prof. Dr. rer. nat. Widodo, M.S., beliau adalah Guru Besar Matematika FMIPA UGM. Pembicara tamu kedua adalah Dr. Sumardyono, M.Pd., beliau adalah Praktisi dalam bidang media pembelajaran dari P4TK Matematika Yogyakarta. Pembicara ketiga adalah Prof. Jozua Sabandar, M.A., Ph.D., beliau adalah Guru Besar Pendidikan Matematika IKIP Siliwangi. Presentasi makalah paralel merupakan acara yang dilaksanakan setelah presentasi makalah utama. Presentasi ini dibagi atas beberapa bidang yang diikuti oleh para peserta yang berminat dan dilakukan secara simultan antara bidang yang satu dengan bidang yang lainnya. Adapun bidang presentasi makalah paralel dalam seminar ini adalah Model Pembelajaran Matematika, Media dan Teknologi Pendidikan Matematika, Matematika dan Statistika.

Berdasarkan uraian di atas, maka tema yang akan di angkat dalam kegiatan Seminar Nasional Pendidikan Matematika Ini yaitu “Optimalisasi Pemanfaatan Media Pembelajaran dan Aplikasi TIK dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Matematika ”.

 

2.  WAKTU DAN TEMPAT

Waktu pelaksanaan Seminar Nasional ini adalah:

Hari                 : Sabtu

Tanggal           : 25 Agustus 2018

Jam                  : 07.00 – selesai

Tempat            : Aula Graha Panca Bakti IKIP Siliwangi

 

3. TUJUAN KEGIATAN

Pendidik dan calon pendidik dapat mengoptimalkan penggunaan media pembelajaran dan aplikasi TIK dalam proses pembelajaran matematika di kelas, dengan demikian dapat meningkatkan kualitas pembelajaran matematika.

 

4. SASARAN KEPESERTAAN

a. Seluruh mahasiswa (S1, S2, S3)

b. Guru dan Dosen

c. Masyarakat luas dan matematikawan

 

5. OUTPUT KEGIATAN

a. Peserta seminar dapat menambah pengetahuan mengenai penggunaan media pembelajaran dan aplikasi TIK dalam pembelajaran matematika secara optimal yang memiliki tujuan meningkatkan kualitas pembelajaran matematika.

b. Memberikan peluang kepada peserta seminar untuk menyampaikan aspirasi dan mengembangkan ide-ide mengenai media pembelajaran dan aplikasi TIK dalam pembelajaran matematika.

c. Menghasilkan sebuah jurnal (bagi yang artikel terpilih) atau prosiding.

 

6. PEMATERI/NARA SUMBER

a. Prof. Dr. rer. nat. Widodo, M.S. (Guru Besar Matematika FMIPA UGM)

b. Dr. Sumardyono, M.Pd. (Praktisi dari P4TK Matematika Yogyakarta)

c. Prof. Jozua Sabandar, M.A., Ph.D. (Guru Besar Pendidikan Matematika IKIP Siliwangi)

 

UNDUH BOOKLET SEMINAR

Author Guidelines

UNDUH PROSIDING LENGKAP SEMINAR NASIONAL

 

  • Statistik Pengunjung

    • 779071Total visitors:
    • 246Visitors today:
    • 403Visitors yesterday:
    • 3375Visitors last week:
    • 16507Visitors per month:
    • 447Visitors per day:
    • 2Visitors currently online: