Satu-satunya IKIP di Jawa Barat dan Banten

Kamis, 21 Desember 2017

Di tengah berbagai tantangan dalam pembangunan pendidikan tinggi di Indonesia, kehadiran IKIP adalah salah satu oase di tengah gurun pasir pendidikan di Indonesia, semakin banyaknya IKIP yang berubah menjadi universitas justru menjadi kehilangan identitasnya sebagai garda depan pembangunan pendidikan di Indonesia. Padahal harus diakui bahwa pendidikan adalah motor penggerak utama pembangunan, karena secanggih apapun teknologi, ungkapan man behind the tool akan menentukan keberhasilan capaian tujuan.

STKIP Siliwangi pada Kamis, 21 Desember 2017 menerima Surat Keputusan dari Kemenristek Dikti tentang perubahan bentuk dari Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) Siliwangi menjadi Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan (IKIP) Siliwangi yang disampaikan langsung oleh Koordinator Kopertis Wilayah IV Jawa Barat Banten, Prof. Dr. H. Uman Suherman, M.Pd. di Gedung Graha Panca Bhakti IKIP Siliwangi, disaksikan oleh Pangdam III Siliwangi, sivitas akademika, yayasan, pemerintah daerah kota Cimahi dan provinsi Jawa Barat yang dihadiri  1.000 undangan dan mahasiswa.

Koordinator Kopertis Wilayah IV Jawa Barat dan Banten,   menegaskan bahwa memasuki era ketidakpastian (uncertain) di abad 21 sistem pendidikan tinggi  harus terwujud  dengan karakteristik   kebutuhan mahasiswa, sehingga memberi peluang kepada seluruh warga negara untuk mengembangkan potensi pribadinya dan  berinovasi untuk mencapai keunggulan. Adanya IKIP Siliwangi adalah sebuah kebanggaan dan kebahagiaan, maka di lingkungan kopertis IV Jawa Barat dan Banten hanya ada satu-satunya IKIP, dan itu adalah IKIP Siliwangi. Dengan perubahan bentuk ini, Koordinator Kopertis mengucapkan selamat atas keberhasilan kerja keras dari seluruh sivitas akademika STKIP Siliwangi, Yayasan Kartika Jaya dan berbagai unsur yang terkait. Dengan harapan di masa yang akan datang akan menjadi pusat wisata ilmu pendidikan di nusantara.

Rektor IKIP Siliwangi, Dr. H. Heris Hendriana, M.Pd. dalam sambutannya menyampaikan bahwa perubahan bentuk menjadi IKIP Siliwangi akan semakin menjaga semangat dunia pendidikan untuk terus tumbuh dan berkontribusi terhadap pembangunan Indonesia. Karena profesi pendidik dan tenaga kependidikan  bukan hal yang mudah diperoleh,  tetapi membutuhkan semangat dan kemampuan yang terus berkembang dari pengembangan kepribadian diri sendiri dan refleksi dari kehidupan bermasyarakat. Lebih lanjut dalam perkembangannya, perubahan bentuk IKIP Siliwangi dapat menjadi mutiara di tengah samudera pendidikan Indonesia. Bukan karena besarnya, mutiara banyak dicari karena keindahan dan kekuatannya untuk terus bertahan di tengah gelombang samudera tantangan kehidupan global saat ini. Perguruan tinggi harus memiliki kredibilitas institusional secara utuh dan menyeluruh. Sistem ini harus memiliki akuntabilitas yang tinggi terhadap masyarakat untuk menghasilkan lulusan yang kognitif akademiknya berkualitas, mandiri sesuai standar yang diharapkan. Untuk itu, IKIP Siliwangi diharapkan dapat memberikan jawaban yang relevan dengan dinamika perkembangan situasi masyarakat  saat ini. Dengan lahirnya IKIP Siliwangi sebagai teaching university, research university dan entrepreneurial university akan terus berupaya menjawab tantanganan pada era digital disruption saat ini.

Dalam sambutannya, Pangdam III Siliwangi menyampaikan kebahagiaan dan rasa syukur atas capaian yang telah diraih oleh STKIP Siliwangi Bandung dalam proses perubahan bentuk menjadi IKIP Siliwangi. Dengan perubahan ini semoga tetap menjadi kekuatan penting dalam   mempercepat realisasi bukti bakti Siliwangi terhadap masyarakat dalam bidang pendidikan. ( )

  • Statistik Pengunjung

    • 724344Total visitors:
    • 3Visitors today:
    • 208Visitors yesterday:
    • 1618Visitors last week:
    • 2333Visitors per month:
    • 231Visitors per day:
    • 0Visitors currently online: