IKIP Siliwangi Menjadi Tuan Rumah Forum Group Discussion Citarum Harum

Senin, 1 Oktober 2018

Sungai Citarum adalah sungai terpanjang dan terbesar di Jawa Barat. Panjang alur sungainya sekitar 297 km dengan Daerah Aliran Sungai (DAS) mencapai seluas 562.958 ha. Untuk skala nasional, sungai Citarum termasuk kategori sungai super prioritas, dan wilayah sungai Citarum merupakan wilayah sungai lintas provinsi yang kewenangan pengelolaannya berada di tangan Pemerintah Pusat.

Sebagai upaya memberikan perhatian dan tanggapan atas perkembangan masalah DAS Citarum dan penanganannya, Akademi Komunitas Lingkungan (Citarum) Harum yang digagas oleh Citarum Institut bersama IKIP Siliwangi menyelenggarakan kegiatan Forum Group Discussion yang dilaksanakan Senin, 1 Oktober 2018 di Ruang Rapat Rektorat IKIP Siliwangi.  Menindak lanjuti dari beberapa kegiatan yang telah dirancang sebelumnya, Focus Group Discussion (FGD) membahas tentang Implementasi Program Citarum Harum. Dibuka oleh Dr.H.Heris Hendriana, M.Pd. Rektor IKIP Siliwangi selaku tuan rumah kegiatan tersebut, diarahkan oleh Dr. Eki Baihaki, M.Si selaku ketua Citarum Institute menyampaikan bahwa tujuan dari Focus Group Discussion ini adalah menyiapkan rekomendasi serta implementasi program Citarum terkait upaya pengembangan pelaksanaan program dan upaya untuk mengatasi kendala yang dirasakan dalam pelaksanaannya, baik dilapangan maupun pada tahap koordinasi antara stakeholder yang terkait.

Peserta yang hadir terdiri dari para Rektor pimpinan perguruan tinggi, perwakilan Kodam III Siliwangi, pakar akademisi dan penggiat serta para lembaga dan badan yang terkait. Dengan adanya Focus Group Discussion ini diharapkan semua instansi yang terkait bisa terlibat dan bekerjasama dengan baik sehingga Citarum Harum menjadi satu misi yang sinergis, Mendorong pembangunan sistem pengolahan air limbah perkotaan terpadu yang modern dan meningkatkan mindset masyarakat dalam memelihara lingkungan hidup karena partisipasi masyarakat itu penting dalam mempengaruhi keseimbangan, stabilitas dan produktivitas lingkungan hidup.

  • Statistik Pengunjung

    • 717930Total visitors:
    • 53Visitors today:
    • 0Visitors yesterday:
    • 467Visitors last week:
    • 1065Visitors per month:
    • 59Visitors per day:
    • 2Visitors currently online: