Optimalisasi Peran Dan Fungsi Guru Sekolah Dasar Dalam Era Industri 4.0, Prodi PGSD IKIP Siliwangi Gelar Bimbingan Teknis.

Pendidikan di Indonesia sedang berbenah diri dalam menghadapi tantangan revolusi industri 4.0. Namun, banyak terjadi kesalahpahaman dalam menerapkan sistem pembelajaran berbasis teknologi. Banyak pendidik berpandangan memindahkan materi pelajaran menjadi online atau menggunakan komputer berspesifikasi tinggi berarti sudah merupakan ambil bagian dalam menerapkan pembelajaran berbasis teknologi, padahal inti dari pembelajaran berbasis digital itu sendiri belumlah tercapai.

Berdasarkan hal tersebut Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan Siliwangi (IKIP Siliwangi) berinisiatif menggelar Bimbingan Teknis Teori, Praktik dan metodik di Aula Graha Pancabhakti (17/3/2019).   Bimbingan teknis tersebut diikuti oleh ratusan mahasiswa dan guru yang berasal dari berbagai daerah di Kota dan Kabupaten Bandung, Bandung Barat serta Kota Cimahi. Hadir sebagai pemateri utama yakni Rektor IKIP Siliwangi Dr.H.Heris Hendriana, M.Pd., Kepala BAAK Dr.Wahyu Hidayat, M.Pd dan Dede Supendi, M.Pd yang berasal dari kalangan praktisi.

“Tujuan utama dalam Bimbingan Teknis Teori, Praktik dan metodik adalah bagaimana sebuah lembaga dapat menyiapkan sumber daya manusia yang akan mengelola atau menciptakan teknologi tersebut sesuai dengan kebutuhan peserta didik sehingga pembelajaran dapat dirasa optimal dan dapat meminimalisir dampak negatif dari teknologi itu sendiri”,  jelas Ruli Setiadi, M.Pd selaku Ketua Prodi PGSD IKIP Siliwangi dalam sambutannya pada gelaran bimbingan teknis tersebut.

Scroll to Top