Kepala L2DIKTI Wilayah IV Jabar Banten, Sampaikan Materi Pembinaan Karakter Pendidik di Bulan Ramadhan 1441 H

Selasa, 19 Mei 2020

Untuk mendukung pengembangan kualitas kampus yang berkarakter, IKIP Siliwangi menggelar acara pengajian yang dilaksanakan secara daring, pada tanggal 18 Mei 2020. Hadir sebagai pemateri utama pada acara tersebut adalah Kepala L2DIKTI Wilayah IV Jawa Barat dan Banten, Prof. Dr. Uman Suherman, M.Pd. Dalam pengajian yang dihadiri oleh Rektor IKIP Siliwangi, Prof. Dr. H. Heris Hendriana, M.Pd., para Wakil Rektor, Ketua Dewan Penyantun dan Pengurus BPH Yayasan Kartika Jaya, serta unsur pimpinan dan dosen IKIP Siliwangi.

Pada kesempatan tersebut, Prof. Dr. Uman Suherman, M.Pd. menyatakan bahwa peran pendidikan tinggi pada masa pandemi ini sama pentingnya dalam membangun karakter masyarakat. Terutama pada lembaga pendidikan pencetak pendidik dan tenaga kependidikan. Hal ini terlihat dari kondisi masyarakat yang masih belum menyadari peran dan statusnya dalam menghadapi pandemi saat ini, disaat yang lain sedang sibuk untuk menjaga diri dan menyelematkan korban, yang lain masih juga menyatakan bahwa ini hanyalah situasi biasa bahkan dengan sengaja masih beraktivitas tanpa menggunakan alat kesehatan yang tepat. Kondisi seperti ini merupakan lahan amal dan perjuangan bagi para pendidik di lingkungan pendidikan tinggi untuk dapat membangun kesadaran masyarakat. Karena pandemi ini membutuhkan gotong royong dan kedisiplinan yang sangat tinggi. Agar bisa segera tuntas.

Dengan tidak mengurangi rasa hormat dan penghargaan atas berbagai kegiatan karitatif yang dilakukan oleh perguruan tinggi melalui bantuan sosial, maupun kegiatan lainnya. Namun karakter masyarakat perlu untuk dibangun dan diperkuat untuk tetap disiplin dan terus untuk menjaga diri di tengah pandemi yang masih belum tuntas secara menyeluruh. Inilah yang menjadi fokus utama perguruan tinggi di masa seperti ini.

Berbagai kegiatan kampanye yang dilakukan oleh IKIP Siliwangi, telah dilaksanakan dalam berbagai kegiatan seperti Webinar, Kuliah Whatsaap, hingga berbagai program kewirausahaan mahasiswa yang dilakukan pada masa seperti ini. IKIP Siliwangi juga menerapkan aturan yang ketat bagi sivitas akademika dalam melaksanakan kegiatan tridharma pada masa pandemi seperti ini.