Program Eksplorasi Penelitian dan Inovasi Serumpun 2023 IKIP Siliwangi dengan IPG Kampus Tun Hussein Onn

Riset kolaborasi merupakan salah satu indikator pencapaian Indikator Kinerja Utama yang mampu meningkatkan kualitas perguruan tinggi dalam mengembangkan keilmuan. Dalam kesempatan ini IKIP Siliwangi yang sudah sejak lama menjalin kerja sama dengan IPG Kampus Tun Hussein Onn, kembali melaksanakan Program Eksplorasi Penelitian dan Inovasi Serumpun di tahun 2023. Momentum ini memperoleh sambutan hangat dari civitas akademika IKIP Siliwangi baik dosen maupun mahasiswa untuk mengikuti seminar secara langsung.

Dihadiri langsung oleh Ketua Dewan Pengarah IPG Kampus Tun Hussein Onn Dr. Masitah Binti Mohammad Yusof, diikuti para narasumber dari IPG antara lain Dr. Siti Saleha Binti Samsuri yang memaparkan mengenai Pedagogi Kontempori dan Dr. Mohd Hanapiah Bin Khamis dengan topik pembahasan Pedagogi Pribumi (Kekhasan) dari Malaysia. Adapun dari IKIP Siliwangi turut dihadiri oleh Rektor IKIP Siliwangi Prof. Dr. Hj. Euis Eti Rohaeti, M.Pd bersama para wakil rektor. Dalam sambutannya ia menyampaikan riset kolaborasi manca negara antar IKIP Siliwangi Indonesia dan IPG Tun Hussein Onn ini bukan kali pertama, oleh karena itu, melalui Program Eksplorasi Penelitian dan Inovasi Serumpun ini diharapkan dapat memberi impact besar terhadap kemajuan riset para dosen untuk terus berinovasi melalui kegiatan kolaborasi, sehingga kebermanfaatan inovasi dapat berdampak terhadap masyarakat secara luas.

Momentum program eksplorasi penelitian inovasi serumpun ini pun turut diperkealkan mengenai program-progran inovasi kekhasan IKIP Siliwangi, yang disampaikan oleh Wakil Rektor Bidang Akademik Dr. Hj. Wikanengsih, M.Pd. Wakil Rektor Akademik menyampaikan, saat ini program Gerakan IKIP Silwiangi Mengajar (GISMA) merupakan salah satu program unggulan kampus, di mana program ini mampu menjembatani implementasi Kurikulum Merdeka. Melalui GISMA mahasiswa akan terampil dalam kegiatan sosial baik di sekolah maupun di masyarakat, terutama sekolah-sekolah di pedalaman yang membutuhkan informasi terbaru dalam mengembangkan kegiatan pembelajaran secara inovatif. Adapun kegiatan di masyarakat mahasiswa akan terjun berkolaborasi dengan masyarakat dalam mengembangkan kegiatan interpreneur, salah satunya inovasi produksi dan pemasaran.

Kegiatan ini diakhiri dengan persembahan kreasi seni tari saman dan jaipong dari para mahasiswa IKIP Siliwangi, dan pemberian penghargaan yang diberikan kepada beberapa dosen inovatif yang pernah bekolaborasi pada Program Eksplorasi Penelitian dan Inovasi Serumpun. Kegiatan dilanjutkan dengan  wisata budaya dan kuliner ke kampung adat Cirendeu Kota Cimahi. Para dosen dari IPG TUn Hussein Onn Malaysia diajak untuk mengenal budaya dan tradisi yang menjadi brand bagi kampung adat Cirendeu, salah satunya mahanan khas yang diproduksi dari jagung dan dikembangkan oleh masyarakat setempat. Dalam upaya pengembangan pendidikan dan sosio kultural kampung adat Cirendeupun telah bekerja sama dengan IKIP SIliwangi untuk sama-sama memajukan kualitas pendidikan, salah satunya pendidikan kearifan lokal.

Scroll to Top