IKIP Siliwangi Lahirkan Profesor Termuda di Lingkungan LLDIKTI Wilayah IV Jawa Barat dan Banten

Bandung, 7 Agustus 2023. IKIP Siliwangi berhasil melahirkan profesor termuda di lingkungan LLDIKTI IV Wilayah Jawa Barat dan Banten. Atas capaian ini, IKIP Siliwangi berhasil menunjukan konsistensi dalam membagun kapasitas dan kualitas dosen profesional. Capaian tersebut ditegaskan oleh Kepala LLDIKTI Wilayah IV, Dr. M. Syamsuri, M.T., IPU pada acara penyerahan SK Guru Besar di Aula Gedung LLDIKTI Wilayah IV Jawa Barat, Jl. PHH. Mustopha, Bandung pada tanggal 7 Agustus 2023. Hadir pada acara tersebut, Rektor IKIP Siliwangi, Prof. Dr. Hj. Euis Eti Rohaeti, M.Pd. yang menyampaikan rasa bangga dan terharu atas capaian prestasi gelar akademik guru besar yang telah ditorehkan oleh Prof. Dr. Wahyu Hidayat, M.Pd.

Pada kesempatan penyerahan SK gelar akademik guru besar di LLDIKTI Wilayah IV Jawa Barat dan Banten tersebut, Rektor IKIP Siliwangi Prof. Dr. Hj. Euis Eti Rohaeti M.Pd  menyampaikan, keberhasilan gelar akademik guru besar yang diraih oleh Prof. Dr. Wahyu Hidayat, M.Pd yang saat ini menjabat sebagai Wakil Rektor Bidang Sumber Daya, seyogianya harus menjadi motivasi besar dan optimisme bagi dosen lainnya dalam mengembangkan karir akademik di IKIP Siliwangi. Proses tempuh yang dilakukan memang memberi tantangan besar, namun konsistensi dalam mengembangkan intelektual akademik tidak boleh menjadi halangan, mengingat tugas pokok dan fungsi sebagai dosen harus sejalan dengan prinsip tri dharma perguruan tinggi.

Apresiasi yang sama disampaikan Prof. Dr. H. Heris Hendriana, M.Pd selaku Direktur Pascasarjana IKIP Siliwangi. “secara historis, salah satu upaya dalam meningkatkan kredibilitas dan reputasi IKIP Siliwangi yaitu keberhasilan dosen-dosennya dalam melahirkan pemikiran baru yang berimplikasi terhadap pembaharuan pengetahuan secara sosial, yang membuktikan bahwa IKIP Siliwangi senantiasa ikut andil dalam memberikan sumbangsih untuk kemajuan pendidikan di Indonesia, salah satunya dengan diraihnya gelar akademik guru besar oleh Prof. Dr. Wahyu Hidayat, M.Pd di usianya yang masih sangat muda”. Harapannya tentu gelar ini tidak sebatas pelengkap nama, namun mampu berimplikasi pula  terhadap kemajuan karakter dan pengetahuan dosen-dosen di IKIP Siliwangi, LLDIKTI WIlayah IV, dan umumnya di Indonesia.

Dengan adanya capaian ini, menunjukkan bahwa kapasitas tenaga dosen di lingkungan IKIP Siliwangi semakin berkembang dan mampu menunjukkan kualitasnya setara dengan berbagai perguruan tinggi lain di Indonesia.

Scroll to Top