Internasionalisasi Tri Dharma Perguruan Tinggi, Program Pascasarjana IKIP Siliwangi Lakukan Benchmarking dan Kerja Sama dengan Thailand

Internasionalisasi Tri Dharma Perguruan Tinggi menjadi salah satu komponen yang berdampak besar terhadap reputasi dan peningkatan kualitas IKIP Siliwangi. Melalui kegiatan bechmarking dan penandatanganan kerja sama dengan beberapa sekolah, perguruan tinggi dan kedutaan Indonesia untuk Thailan, program Pascasarjana yang terdiri dari 3 program studi bersama dosen dan mahasiswa diberangkatkan ke Thailand.

Wakil Rektor Bidang Akademik Dr. Hj. Wikanengsih, M.Pd mengungkapkan, “tujuan dilaksanakannya kujungan kerja sama dan bechmarking pascasarjana ke Thailan dimaksudkan untuk melakukan study komperatif mahasiswa dan dosen pascasarjana dalam meningkatkan wawasan internasional baik pendidikan, penelitian, maupun aspek pengabdian kepada masyarakat. Selain itu, sebagai bukti keberlanjutan dari kunjungan ini, pascasarjana IKIP Siliwangi melakukan penandatanganan MoU dan IA dengan harapan keberlanjutan kegiatan akan terus dilakukan setelah kunjungan kerja sama ini”.

Benchmarking dilakukan kepada beberapa sekolah SMP, SMA, dan Perguruan Tinggi di Thailan, di sana para mahasiswa melakukan survey terhadap kurikulum dan konsep pembelajaran yang diterapkan, sebagai referensi dalam meningkatkan kompetensi guru maupun untuk kebutuhan penelitian.

Kunjungan dilanjutkan dengan mengunjungi kantor kedutaan Indonesia untuk Thailan. Dalam forum diskusi mahasiswa difasilitasi dengan sajian wawasan kerjasama Indonesia Thailand terutama dalam aspek pengembangan kualitas pendidikan.

 

Scroll to Top