IKIP Siliwangi Gelar Pengajian Idul Adha 1445, Perkuat Ukhuwah dan Implementasikan Nilai-Nilai Kurban

Cimahi, 19 Juni 2024 – Dalam rangka memperingati Hari Raya Idul Adha 10 Dzulhijah 1445 H , Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan (IKIP) Siliwangi menyelenggarakan Pengajian Civitas Akademika di Aula Graha Panca Bhakti Kampus Cimahi pada hari Rabu, 12 Dzulhijah 1445 H (19 Juni 2024). Acara ini diikuti oleh seluruh sivitas akademika, mulai dari pimpinan, dosen, staf, hingga mahasiswa.

Pengajian diawali dengan pembacaan ayat suci Al-Quran, saritilawah, dan shalawat Nabi oleh Kumpulan Mahasiswa Islam IKIP Siliwangi. Laporan pelaksanaan Idul Adha disampaikan oleh Dr. Nandang Rukanda, M.Pd., yang memaparkan tentang penyembelihan 5 ekor sapi dan 8 ekor kambing yang didistribusikan di berbagai lokasi, termasuk Kampus 1 Cimahi, Kampus 2 Ciburuy, Masjid Al Hikmah, Polsek, dan Koramil Cimahi. Beliau juga menekankan keterlibatan mahasiswa dalam kepanitiaan sebagai bagian dari pendidikan karakter.

Rektor IKIP Siliwangi, Prof. Dr. Hj. Euis Eti Rohaeti, M.Pd., dalam sambutannya menyampaikan hikmah berkurban yang tidak hanya atas nama individu, tetapi atas nama keluarga besar IKIP Siliwangi. Rektor pun mengucapkan terima kasih kepada para dosen dan program studi yang telah menitipkan hewan kurban di IKIP Siliwangi.

Pengajian dilanjutkan dengan khidmat ilmiah oleh Prof. Dr. H. Heris Hendriana, M.Pd., yang mengupas tentang makna berkurban dan berhaji setiap waktu. Beliau juga mencontohkan kisah sufi tentang perjalanan menemukan Allah di hati, serta hikmah ujian kehidupan yang dihadapi Nabi Ibrahim dan Nabi Muhammad SAW. Acara kemudian diwarnai sesi interaktif dengan para hadirin.

KH. Olih Komaruddin, dalam catatan pinggirnya, merangkum paparan sebelumnya dan berharap agar amal saleh Nabi Ibrahim dapat diamalkan oleh seluruh sivitas akademika IKIP Siliwangi.

Pengajian ditutup dengan penampilan kesenian Islami berupa persembahan lagu religi oleh Siliwangi Choir, dan doa penutup oleh mahasiswa, Yana Herliana.

Aktivitas Pemotongan Hewan Kurban

Scroll to Top