Pendidikan Bahasa Indonesia (S-1)

PROGRAM STUDI

PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA

IKIP SILIWANGI

 

VISI:

Terwujudnya lulusan Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia yang unggul, berdaya saing global, dan menjadi rujukan inovasi pembelajaran Bahasa Indonesia serta menghasilkan tenaga pendidik Bahasa Indonesia yang berjiwa entrepreneur pada tahun 2037.

MISI:

  1. Program studi melaksanakan kegiatan pendidikan dan pembelajaran yang menerapkan teori-teori model pembelajaran inovatif, materi pembelajaran yang sesuai dengan perkembangan Ipteks bidang pendidikan bahasa Indonesia, dan berbagai media pembelajaran kekinian untuk menghasilkan pendidik yang profesional dalam bidang Pendidikan Bahasa Indonesia serta memiliki kompetensi yang berdaya saing global, berjiwa entrepreneur sesuai kebutuhan jalur, jenjang, dan jenis pendidikan.
  2. Program studi melakukan dan mengembangkan penelitian inovatif, publikasi ilmiah tingkat nasional dan internasional, dan memperoleh HKI guna meningkatkan kualitas pembelajaran yang inovatif dalam bidang Pendidikan Bahasa Indonesia berorientasi kepada pengembangan ilmu dan teknologi untuk mengembangkan pembelajaran di sekolah sehingga menghasilkan proses pembelajaran yang bermutu dan relevan dengan harapan dan kebutuhan masyarakat di era globalisasi.
  3. Program studi melakukan kegiatan pengabdian kepada masyarakat melalui penyebarluasan dan penerapan ilmu Pendidikan Bahasa Indonesia berbasis entrepreneur.
  4. Program studi menjalin kerja sama dan kemitraan dengan stakeholder, user, perguruan tinggi lain dan lembaga-lembaga pada tingkat nasional dan internasional untuk mengoptimalkan peran dan fungsi Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia.
  5. Program studi memiliki tata kelola yang baik sesuai dengan karakter kepemimpinan, pola kepemimpinan, dan sistem kepemimpinan yang mengacu pada struktur organisasi dan tata kelola (SOTK) di IKIP Siliwangi.