H. Syafik Umar Hadiri FGD Hedonisme Pendidikan IKIP Siliwangi

Selasa, 16 Januari 2018

Hedonisme selama ini diartikan sebagai salah satu hal negatif dalam kehidupan manusia, namun demikian tidak semua hedonisme berimplikasi buruk terhadap karakter kehidupan manusia. Hal ini merupakan dampak dari adanya negativisme dalam pemikiran yang disajikan secara masif dalam media massa. Hedonisme dalam kesenangan untuk membangun fikiran kemudian diaplikasikan dalam tindakan nyata untuk membangun masyarakat merupakan hal yang perlu dalam mendorong pendidikan di Indonesia, agar bergerak dalam inovasi yang berkelanjutan dan tidak bergantung pada pemikiran-pemikiran asing yang justru tidak sesuai dengan karakter kehidupan masyarakat Indonesia. Ini adalah uraian pemikiran yang dibahas dalam Focused Group Discussion (FGD) yang diselenggarakan di Aula Redaksi Harian Umum Pikiran Rakyat, Jl. Asia Afrika Bandung, pada hari Senin, 15 Januari 2018.

Hadir dalam kesempatan tersebut pendiri HU Pikiran Rakyat, H. Syafik Umar, yang menjelaskan bahwa pendidikan dan kekuatan IKIP Siliwangi diharapkan dapat menjadi pendorong pembangunan masyarakat di Jawa Barat, sebagaimana Pikiran Rakyat yang berkembang dan membangun masyarakat Jawa Barat melalui perluasan akses informasi. Rektor IKIP Siliwangi, Dr. H. Heris Hendriana, M.Pd. dalam pemaparannya menyampaikan tentang konsep hedonisme dalam membangun inovasi pendidikan di masa yang akan datang. Hal ini terutama untuk membangun karakter pendidikan yang lebih inovatif dan luas. Karena di masa yang akan datang, terutama dengan visi Indonesia maju tahun 2045, tantangan terbesar adalah memberikan kesempatan kepada pemikir-pemikir pendidikan Indonesia untuk membangun karakter pendidikan yang Indonesianis murni.

Acara tersebut juga dihadiri oleh Ketua BPH Yayasan Kartika Jaya, Sri Hartini Widjaja, M.Pd., Ketua Dewan Penyantun, Drs. KH. Olih Komarudin, Wakil Rektor II, Dr. H. T. Effendy Suryana, M.Pd., Wapemred HU Pikiran Rakyat, yang juga menjadi moderator dalam FGD tersebut, Erwin Kustiman, Prof. Jozua Sabandar, Ph.D, Prof. Dr. Utari Sumarmo, Prof. Enceng Mulyana, Drs. Husen N. Gunawan, M.Pd.

Selain menggelar diskusi publik, IKIP SIliwangi juga menyerahkan bantuan kemanusiaan untuk Dompet Kemanusiaan Pikiran Rakyat sebagai bentuk kepedulian dan tanggungjawab sosial bagi masyarakat yang membutuhkan.

  • Statistik Pengunjung

    • 758403Total visitors:
    • 23Visitors today:
    • 338Visitors yesterday:
    • 2449Visitors last week:
    • 6603Visitors per month:
    • 347Visitors per day:
    • 2Visitors currently online: