Program Studi Pendidikan Matematika IKIP Siliwangi Gelar Seminar Nasional Pemanfaatan Media Pembelajaran dan Aplikasi TIK

Sabtu, 25 Agustus 2018

Terbentuknya sumber daya manusia yang kompeten dapat dihasilkan melalui peningkatan kualitas dalam pembelajaran. Salah satu cara yang dapat meningkatkan kualitas pembelajaran adalah melalui pemanfaatan Media Pembelajaran berbasis Information and Communication Technology (ICT) secara optimal. Penggunaan Media Pembelajaran dapat menciptakan berbagai situasi kelas, menentukan metode pengajaran yang akan dipakai dan menciptakan iklim yang sehat antar peserta didik. Media pembelajaran yang berbasis ICT ataupun pembelajaran yang mengaplikasikan TIK selain mempermudah dalam proses pembelajaran juga menjadi langkah untuk mengenalkan kepada peserta didik mengenai teknologi yang terus berkembang pada saat ini.

Didasari latar belakang tersebut Prodi Pendidikan Matematika IKIP Siliwangi menyelenggarakan Seminar Nasional Matematika 2018 di Aula Graha Pancabhakti IKIP Siliwangi (25/8). Dalam sambutanya dihadapan 582 peserta, Wakil Rektor III Dr.H.Ade Sadikin A, M.Si mengungkapkan bahwa dengan diadakannya seminar tersebut, diharapkan guru sebagai pilar utama pendidikan mampu merubah pendekatan dalam proses pembelajaran. Guru juga diharapkan lebih kreatif dalam menggunakan media pembelajaran. Dalam hal ini, guru dapat memanfaatkan teknologi yang ada berupa aplikasi TIK. Dengan demikian, kemampuan berpikir kritis dan motivasi peserta didik dalam belajar akan meningkat. Hasilnya, mereka akan mampu menghadapi tantangan di era global dan digital.

Kegiatan Seminar Nasional Matematika 2018 terdiri dari beberapa kegiatan, yaitu Presentasi Makalah Utama, dan Presentasi Makalah Paralel. Presentasi Makalah Utama merupakan acara yang disediakan untuk 2 pembicara tamu dan 1 pembicara internal. Pembicara tamu yang pertama  adalah Prof. Dr. rer. nat. Widodo, M.S. Guru Besar Matematika FMIPA UGM. Pembicara tamu kedua adalah  Dr. Sumardyono, M.Pd. Praktisi dalam bidang media pembelajaran dari P4TK Matematika Yogyakarta. Pembicara ketiga adalah Prof. Jozua Sabandar, M.A., Ph.D. Guru Besar Pendidikan Matematika IKIP Siliwangi. Presentasi makalah paralel merupakan acara yang dilaksanakan setelah presentasi makalah utama. Presentasi ini dibagi atas beberapa bidang yang diikuti oleh para peserta yang berminat dan dilakukan secara simultan antara bidang yang satu dengan bidang yang lainnya. Adapun bidang presentasi makalah paralel dalam seminar ini adalah Model Pembelajaran Matematika, Media dan Teknologi Pendidikan Matematika, Matematika dan Statistika.

Diharapkan melalui penyelenggaraan acara seminar tersebut, dapat menambah pengetahuan peserta mengenai penggunaan media pembelajaran dan aplikasi TIK dalam pembelajaran matematika,  serta dapat memberikan peluang untuk menyampaikan aspirasi dan mengembangkan ide-ide mengenai media pembelajaran dan aplikasi TIK dalam pembelajaran matematika di sekolah. Seminar Nasional ini juga dimaksudkan untuk pengenalan dan pengembangan media pembelajaran matematika baik Software Matematika maupun Alat Peraga Matematika. Media pembelajaran tersebut terus dikembangkan oleh Dosen dan Mahasiswa Program Studi Pendidikan Matematika IKIP Siliwangi di Laboratorium Matematika dan Mata Kuliah khusus Media Pembelajaran Matematika

  • Statistik Pengunjung

    • 717930Total visitors:
    • 53Visitors today:
    • 0Visitors yesterday:
    • 467Visitors last week:
    • 1065Visitors per month:
    • 59Visitors per day:
    • 2Visitors currently online: