Tingkatkan Amaliah dan Kepedulian, IKIP Siliwangi Gelar Shalat Ied dan Qurban Bersama

Kamis, 23 Agustus 2018

Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan (IKIP) Siliwangi menggelar Sholat Idul Adha 1439 Hijriyah diikuti ratusan orang terdiri dari masyarakat umum dan civitas akademika. Sholat Idul Adha digelar di halaman Rektorat IKIP Siliwangi. Bertindak sebagai Imam dan Khotib adalah Ust.Romli Masykur.

Pada khutbah yang disampaikan disebutkan bahwa Ibadah haji dan Idul Qurban merupakan momentum yang penting dan penuh rahmat bagi bagi umat Islam yang mengajarkan untuk selalu bertawakal dan mendekatkan diri kepada Allah SWT. “Hakekat pelajaran tentang kurban yang diajarkan oleh Nabi Ibrahim adalah untuk menunjukkan ketaatan, keikhlasan ketaqwaan dengan memotong harta untuk diberikan kepada orang lain. Banyak hal yang kita senangi dan kita ingini seringkali bertentangan dengan syarikat dan ajaran Allah maka sebagai umat muslim harus berkorban memilih hal yang sesuai ajaran Allah. Qurban juga mengajarkan tentang kepedulian sosial kepada masyarakat dan saudara di sekeliling kita, artinya melalui Idul Adha dapat mengasa kepedulian kita kepada masyarakat yang tidak mampu yang membutuhkan pertolongan kita semua” papar Ust.Romli. “Keteladanan Nabi Ibrahim berupa kesabaran dan keiklasan dalam melakukan syariat Allah (perintah menyembelih anaknya) masih relevan dengan kondisi bangsa dan negara Indonesia saat ini. Sebagai refleksi bangsa, teladan nabi Ibrahim relevan dengan budaya ruh ilahi yang mendasari seluruh aktivitas masyarakat” tandas beliau.

Usai sholat Idul Adha, para wakil rektor dan dosen bersama badan pengurus harian Yayasan Kartika Jaya melakukan penyembelihan hewan kurban yang berlokasi di beberapa tempat, yakni di Masjid Jami Al Hikmah sebagai bukti bahwa IKIP Siliwangi ikut berbaur dan bergabung dengan masyarakat di sekitar lingkungan kampus dan didalam internal kampus di Masjid Baitul Rahman IKIP Siliwangi. Pada tahun ini IKIP Siliwangi mengumpulkan hewan kurban yang diperoleh dari jajaran civitas akademika sejumlah 2 ekor sapi dan 5 ekor kambing diperuntukkan bagi masyarakat sekitar yang membutuhkan.

  • Statistik Pengunjung

    • 717930Total visitors:
    • 53Visitors today:
    • 0Visitors yesterday:
    • 467Visitors last week:
    • 1065Visitors per month:
    • 59Visitors per day:
    • 2Visitors currently online: