Bentuk Pengembangan dan Innovasi Akademik, IKIP Siliwangi Gelar Workshop E-Learning

Kamis, 3 Januari 2019

Seiring dengan perkembangan Teknologi Informasi (TI) yang semakin pesat, kebutuhan akan suatu konsep dan mekanisme belajar mengajar (pendidikan) berbasis TI menjadi tidak terelakkan lagi. Konsep yang kemudian terkenal dengan sebutan e-Learning ini membawa pengaruh terjadinya proses transformasi pendidikan konvensional ke dalam bentuk digital, baik secara isi (contents) dan sistemnya.

Seiring dengan hal tersebut, Pembelajaran Daring (online learning) telah semakin banyak diterapkan dalam pembelajaran di Perguruan Tinggi. Salah satunya Institut Keuruan dan Ilmu Pendidikan (IKIP) Silwangi yang akan menerapkan konsep e-learning dalam rangka meningkatkan dan mengembangkan pengetahuan, wawasan tentang prinsip-prinsip pedagogik, metodologi dan ketrampilan mengajar dosen dalam rangka meningkatkan kualitas penilaian, proses belajar dan hasil belajar mahasiswa. Terkait hal tersebut, bagian akademik IKIP Siliwangi mengadakan  Workshop e-learning dalam bentuk LSM/Moodle bertempat di Ruang Rapat Aula Grha Pancabhakti, Rabu (2/1). Diikuti sebanyak ratusan dosen dari berbagai fakultas dan program studi di lingkungan Civitas Akademika IKIP Siliwangi.

Setiap peserta yang mengikuti e-learning pada hari ini paling tidak akan mengisi ruang kosong di fakultasnya masing masing terhadap mata kuliah yang digunakan terkait dengan bahan e-learning dan juga sekaligus menjadi sistem penilaian serta evaluasi dari rangkaian mata kuliah yang akan dan telah diujikan. Dalam workshop kali ini, para peserta diperkenalkan terlebih dahulu mengenai e-learning selanjutnya mempraktekan pengisian konten e-learning berbasis moodle agar mampu mengimplementasikan dalam pembelajaran setiap hari.

 

  • Statistik Pengunjung

    • 740286Total visitors:
    • 0Visitors today:
    • 2903Visitors yesterday:
    • 8977Visitors last week:
    • 11413Visitors per month:
    • 1,282Visitors per day:
    • 4Visitors currently online: