Pelepasan Program Pertukaran Mahasiswa Tanah Air IKIP Siliwangi

Rektor Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan (IKIP) Siliwangi melepas 5 (lima) mahasiswa program Pertukaran Mahasiswa Tanah Air Nusantara (PERMATA), Senin (22/1) di Aula Grha Pancabhakti. Seluruh mahasiswa itu berasal dari tiga perguruan tinggi di Indonesia, meliputi Universitas Muhammadiyah Sorong Papua Barat, Universitas Nusantara PGRI Kediri Jawa Timur dan Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong Papua Barat. Selain perkuliahan, mereka telah rampung mengikuti beragam kegiatan di IKIP Siliwangi dalam rangka pengembangan softskill dan hardskill.

Selama 1(satu) semester di IKIP Siliwangi, beragam kegiatan mereka ikuti, baik kegiatan yang diadakan oleh lembaga, BEM, himpunan, kemahasiswaan serta berbagai kegiatan lainnya. “Beragam kegiatan itu dalam rangka menambah pengetahuan, wawasan, menumbuhkan kebersamaan dan kepedulian bahwa kita hidup satu bangsa..” ujar Wakil Rektor III Bidang Kemahasiswaan.

Dengan berakhirnya program tersebut Wakil Rektor III Universitas Muhammadiyah Sorong   yang turut hadir dalam pertemuan tersebut berharap, mahasiswa bisa lebih terbuka wawasan keilmuannya. Dr. Muh. Ali berujar, sebagian besar mahasiswa itu mengatakan bahwa materi perkuliahan yang diberikan sangat bermanfaat dan membuka paradigm baru, dari segi peraturan pun, IKIP Siliwangi terhitung menerapkan kedisiplinan yang tinggi.“Mudah-mudahan mereka dapat tambahan softskill yang lebih kuat. Dan juga rasa kepedulian yang lebih mendalam. Ada penanaman wawasan bahwa mereka hidup bermasyarakat tidak hanya di wilayahnya, tapi di wilayah lain mereka bisa hidup bermasyarakat. Baik sesama teman maupun masyarakat sekitar, dengan kultur yang pasti berbeda. Pendewasaan diri yang paling penting,” pungkasnya.

Scroll to Top