Walikota Cimahi Gandeng IKIP Siliwangi dalam Realisasi Pentahelix Citarum Harum Kota Cimahi

Jumat, 1 Maret 2019

Dalam rangka memperkuat kerjasama unsur pentahelix dalam program Citarum Harum di kawasan Kota Cimahi, Pemerintah Kota Cimahi menggandeng IKIP Siliwangi dalam mendukung program tersebut. Pada hari Jum’at, 1 Maret 2019, Walikota Cimahi ‎Ir. H. Ajay Muhammad Priatna, M.M, mengunjungi IKIP Siliwangi dalam rangka silaturahmi dan melihat program Green Campus yang telah dicanangkan IKIP Siliwangi dalam mendukung program Citarum Harum. Dalam kesempatan tersebut, Walikota Cimahi, diterima langsung oleh Rektor IKIP Siliwangi, Dr. H. Heris Hendriana, M.Pd., Wakil Rektor I, Dr. Hj. Euis Eti Rohaeti, M.Pd., Wakil Rektor II, Dr. H.T. Effendy Suryana, M.Pd., dan Wakil Rektor III, Dr. Ir. H. Agus Hasbi Noor, MM.Pd. serta unsur pimpinan IKIP Siliwangi.

Dalam kesempatan tersebut, Walikota Cimahi, mengunjungi beberapa bagian di lingkungan IKIP Siliwangi. Termasuk mengkaji beberapa kemungkinan dalam pemanfaatan dan pengelolaan lingkungan yang ada di IKIP Siliwangi. Dalam unsur pentahelix Citarum Harum, terdapat beberapa komponen yang terlibat di dalamnya, diantaranya adalah pemerintah, perusahaan, akademisi, media massa, perusahaan, komunitas dan dunia industri. IKIP Siliwangi sejak tahun 2014 telah mencanangkan sebagai Green Campus yang telah melaksanakan berbagai pemilahan sampah sejak dari lingkungan kampus. Termasuk juga dengan melaksanakan penghijauan di lingkungan kampus, sehingga 30% lahan kampus, merupakan lahan terbuka hijau. Dalam program KKN Tematik, IKIP Siliwangi telah menerjunkan sebanyak 1.200 orang mahasiswa, termasuk 30 orang dosen untuk terlibat dalam program Citarum Harum bekerjasama dengan Dansektor IX Satgas Citarum Harum Kodam III Siliwangi.

Program yang dilaksanakan oleh IKIP Siliwangi berupa edukasi dan pelatihan yang berkaitan dengan pengelolaan dan pengolahan sampah di tingkat rumah tangga, karena peran limbah domestik dalam pencemaran Citarum juga cukup besar dan membutuhkan perhatian, karena di Kota Cimahi, terdapat lebih dari 600 ribu penduduk yang sebagian besar berada di daerah aliran anak sungai Citarum. Ke depannya IKIP Siliwangi akan terus bersinergi dengan berbagai unsur terkait dalam mendukung program Citarum Harum yang dilaksanakan dengan berbagai program penelitian dan pengabdian masyarakat, sebagai bentuk dukungan terhadap program pemerintah dalam melestarikan ekologi di Daerah Aliran Sungai (DAS) Citarum dan wujud bhakti IKIP Siliwangi bagi masyarakat.

 

  • Statistik Pengunjung

    • 850873Total visitors:
    • 841Visitors today:
    • 701Visitors yesterday:
    • 5273Visitors last week:
    • 14764Visitors per month:
    • 633Visitors per day:
    • 8Visitors currently online: