KKN Tematik Citarum Harum IKIP Siliwangi Tahun 2019

Sabtu, 20 Juli 2019

Dalam upaya mendukung program Citarum Harum, IKIP Siliwangi bekerjasama dengan Satgas Citarum Harum Sektor IX Siliwangi, melaksanakan program Kuliah Kerja Nyata yang digelar pada tanggal 15 Juli hingga Agustus 2019. Lokasi yang menjadi tempat pelaksanaan KKN Tematik berlokasi di Desa Cihampelas, Desa Karanganyar, Desa Mekarjaya Kecamatan Cililin dan Desa Rancapanggung, Kecamatan Cililin Kabupaten Bandung Barat. Sebanyak 100 orang mahasiswa ditempatkan di empat desa tersebut.

Program yang dilaksanakan meliputi bimbingan belajar untuk anak PAUD hingga sekolah menengah atas, pendampingan keluarga dalam rangka implementasi program GET 3R (Reduce, Reuse dan Recycle), Pelatihan Kewirausahaan, Seminar Pendidikan dan Lomba Menulis Kreatif tentang Ekologi DAS Citarum.

Dansektor IX Satgas Citarum Harum, Kol. Inf. Dr. Arief Prayitno, menjelaskan bahwa pada kesempatan ini mahasiswa KKN IKIP Siliwangi diharapkan dapat memberikan nilai tambah dalam upaya memasyarakatkan dan meningkatkan kesadaran masyarakat tentang pentingnya menjaga kualitas ekologi di DAS Citarum. Mengingat pentingnya Citarum bagi kehidupan masyarakat di Jawa Barat. Karena tidak kurang dari 6 Kabupaten Kota dilintasi langsung oleh Sungai Citarum.

IKIP Siliwangi mengembangkan program KKN Tematik ini berdasarkan pada hasil pelaksanaan program KKN Tematik yang bekerjasama dengan Direktorat Pembelajaran dan Kemahasiswaan, Kemenristek Dikti pada tahun 2018 dan berlangsung hingga saat ini. Penguatan utama yang dilakukan oleh mahasiswa IKIP Siliwangi adalah mengenai edukasi kesadaran ekologi bagi masyarakat di sekitar DAS Citarum. Rektor IKIP Siliwangi, Dr. H. Heris Hendriana, M.Pd. pada acara pembekalan mengemukakan pentingnya membangun kesadaran masyarakat di sekitar lokasi KKN sebagai wujud implementasi tridharma perguruan tinggi, sekaligus menjadi ajang pembinaan bagi mahasiswa IKIP Siliwangi yang mengikuti program KKN tahun ini.