Prodi Bahasa Indonesia Gelar Klinik Seminar Nasional

Senin, 25 November 2019

Salah satu kegiatan rutin tahunan yang wajib dilaksanakan Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia IKIP Siliwangi adalah seminar dengan skala minimal lingkup nasional. Seminar rutin tersebut rutin diselenggarakan selain sebagai ajang silaturrahim akademik antar akademisi ilmu pendidikan bahasa dan sastra Indonesia se-Indonesia, juga diharapkan dapat dimanfaatkan sebagai ajang pengenalan dunia akademis dan ilmiah bagi tiap mahasiswa, khususnya angkatan semester baru 2019.

Salah satu dari ciri-ciri ilmiah adalah bersifat kekinian, update, atau terbaru. Berangkat dari hal tersebut isu terbaru yang sedang hangat dibincangkan adalah sekait digitalisasi media dan industri 4.0. Maka dari itu, isu tersebut akan diangkat sebagai topik seminar nasional dengan tetap dikaitkan pada bidang keilmuan pendidikan bahasa dan sastra Indonesia.

Tema utama seminar adalah “Era Digitalisasi dan Industri 4.0”. Seminar nasional kali ini akan mengundang dan bekerja sama dengan para praktisi dan akademisi dari berbagai daerah di Indonesia untuk membedah kajian-kajian dan hasil penelitian yang relevan dengan topik.

Pemateri terdiri atas tiga akademisi ataupun praktisi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. Pemateri pertama adalah Dr. Aceng Ruhendi Syaefulloh, M.Hum. dari Universitas Pendidikan Indonesia (UPI). Dr. Aceng Ruhendi Syaefulloh merupakan dosen sekaligus praktisi linguistik forensik yang dapat berbagi secara teoretis dan terapan mengenai ilmu bahasa dalam konteks digitalisasi media massa dan media sosial.

Pemateri kedua adalah Dr. Rohmadi dari Universitas Sebelas Maret. Dr. Rohmadi dikenal sebagai pakar pendidikan dan linguistik yang dapat didaulat untuk memaparkan ilmu pendidikan di era 4.0.

Pemateri ketiga adalah Dr. Ika Mustika dari IKIP Siliwangi yang menjadi pakar di bidang kajian ilmu sastra. Dr. Ika Mustika dapat menjadi narasumber utama dalam penguatan pembelajaran ilmu sastra di era 4.0.

  • Statistik Pengunjung

    • 911501Total visitors:
    • 346Visitors today:
    • 428Visitors yesterday:
    • 3505Visitors last week:
    • 4867Visitors per month:
    • 451Visitors per day:
    • 2Visitors currently online: