Guru Besar IKIP Siliwangi Menjadi Presenter pada The 10th ICW-HDDA 2020

Selasa, 13 Oktober 2020

Sebagai salah satu bentuk partisipasi dalam pengembangan ilmu pengetahuan, tidak hanya pada skala nasional, namun juga pada forum internasional, Guru Besar IKIP Siliwangi, Prof. Dr. Hj. Euis Eti Rohaeti, M.Pd. menjadi presenter pada acara The 10th International Conference and Workshop on High Dimensional Data Analysis (ICW-HDDA) 2020 yang digelar melalui daring, pada tanggal 13-14 Oktober 2020.

Acara tersebut dihadiri oleh 361 peserta yang berasal dari berbagai negara. Dibuka oleh Wakil Rektor Bidang Riset dan Inovasi, Universitas Padjadjaran, Prof. Dr. Ir. Hendarwan, M.Sc. Chairwoman acara the 10th ICW-HDDA 2020, Prof. Budi Nurani Ruchjana, M.S. mengatakan bahwa acara tersebut digelar atas kolaborasi Departemen Matematika dan Departemen Ilmu Komputer FMIPA Unpad dengan FMIPA dari sejumlah perguruan tinggi dalam dan luar negeri, yaitu Universitas Indonesia, Universitas Gadjah Mada, Institut Teknologi Bandung, Universitas Udayana, IKIP Siliwangi, dan Faculty of Mathematics and Science Brock University, Kanada.

Sebanyak 361 peserta dari berbagai negara mengikuti “the 10th International Conference and Workshop on High Dimensional Data Analysis (ICW-HDDA) 2020” yang digelar secara daring pada Selasa (13/10) dan Rabu (14/10). Acara telah dibuka secara resmi oleh Wakil Rektor Bidang Riset dan Inovasi Prof. Dr. Ir. Hendarmawan, M.Sc., Selasa (13/10) pagi.

Prof. Budi Nurani Ruchjana, M.S selaku chairwoman the 10th ICW-HDDA 2020 mengatakan  bahwa acara tersebut digelar atas kolaborasi Departemen Matematika dan Departemen Ilmu Komputer FMIPA Unpad dengan FMIPA dari sejumlah perguruan tinggi dalam dan luar negeri, yaitu Universitas Indonesia, Universitas Gadjah Mada, Institut Teknologi Bandung, Universitas Udayana, IKIP Siliwangi, dan Faculty of Mathematics and Science Brock University, Kanada. Selain itu, berbagai instansi dan organisasi profesi termasuk perusahaan besar juga menjadi mitra pada acara ini, seperti Indonesian Mathematical Society, Indonesian Mathematics Educator, MIPAnet, dan International Consorsium Research Innovation and Staff Exchange Social Media Analytics yang didanai oleh European Union serta didukung  Indonesian Re for Reinsurance Solution. Juga didukung penuh Indonesia Re, Data Science Center UI, Samsung, Traveloka, dan Lembaga Antariksa dan Penerbangan Nasional.

Tujuan utama pelaksanaan kegiatan tersebut adalah untuk mewujudkan kolaborasi internasional serta meningkatkan interaksi dari para peneliti di bidang Data Science. Pada kesempatan tersebut, Prof. Dr. Hj. Euis Eti Rohaeti, M.Pd., sebagai guru besar bidang Pendidikan Matematika IKIP Siliwangi memaparkan tentang dan Math Learning Media with VBA for Excel. Berdampingan dengan beberapa pemateri dari Indonesia maupun dari negara lain, seperti Prof. S. Ejaz Ahmed (Brock University, Kanada), Feryaal Ahmed (Western University Kanada), Prof. Anand N. Vidyashankar (George Mason University, AS), Prof. Peihua Qiu (University of Florida, AS), Prof. Stefan Stieglitz (University Duisburg Essen, Jerman), Prof. Michael Emmerich (LIACS Leiden University, Belanda), Prof. Sri Wahyuni (UGM, Indonesia), Prof. Edy Tri Baskoro (ITB, Indonesia), Prof. Heris Hendriana (IKIP SIliwangi), dan Dr. Alhadi Bustamam (UI), Prof. Dr. Budi Nurani Ruchjana (Unpad) dan Dr. Alhadi Bustamam (UI).

Acara dihadiri pula oleh 16 invited speakers dari USA, Eropa, dan Indonesia. Antara lain Prof. Chang Yu (Vanderbilt University Medical Center, AS), Prof. Ali Shojaie (University of Washington, AS), Dr. Lin Xue and Prof. Liqun Wang (University of Manitoba, Kanada), Prof. Suzan Verberne (Leiden University, Belanda), Dr. Bjorn Ross (University of Edinburgh, Skotlandia), Prof. Frank Takes (Leiden University, Belanda), Prof. Atje Setiawan Abdullah (Unpad), kemudian Prof. Ch. Rini Indrati (UGM),Dr. Nursanti Anggriani (Unpad), Dr. Sarini Abdullah (UI), Prof. Komang Darmawan (Unud), Prof. Yaya S. Kusumah (UPI), Prof. Zulkardi (Unsri), Dr. Rully Charitas Indra Prahmana (UAD), dan Prof. Dr. Asep K Supriatna (Unpad).