IKIP Siliwangi Kukuhkan 1.492 Orang Mahasiswa Baru pada Sidang Senat Terbuka Akademik tahun 2020

Rabu, 4 November 2020

Sebagai bentuk pengesahan terhadap mahasiswa baru yang menjadi bagian dari sivitas akademika, IKIP Siliwangi menggelar sidang senat terbuka pengukuhan mahasiswa baru IKIP Siliwangi angkatan 2020. Acara dilaksanakan di Gedung Graha Panca Bhakti IKIP Siliwangi, pada hari Rabu, 4 November 2020. Hadir pada kesempatan tersebut adalah Rektor beserta Wakil Rektor, Kepala L2DIKTI Wilayah IV Jawa Barat dan Banten, Ketua Yayasan Kartika Jaya Pusat, Seluruh anggota senat akademik IKIP Siliwangi, dan perwakilan mahasiswa sebanyak 30 orang mahasiswa. Sedangkan mahasiswa lain, mengikuti acara secara daring (online). Total sebanyak 1.492 orang mahasiswa baru yang mengikuti proses pengukuhan mahasiswa baru IKIP Siliwangi.

Pada sambutannya, Rektor IKIP Siliwangi, Prof. Dr. H. Heris Hendriana, M.Pd. mengungkapkan bahwa pengukuhan mahasiswa baru ini menjadi bagian penting dalam proses pengakuan mahasiswa baru menjadi bagian dari sivitas akademika IKIP Siliwangi. Dengan adanya peran dan status yang baru sebagai mahasiswa, menjadi momentum penting dalam pengembangan kapasitas kepribadian, profesional, dan keterampilan, sehingga menjadi bagian dari solusi bagi permasalahan kehidupan di tengah masyarakat. Mahasiswa juga dituntut untuk mampu menjadi figur sentral dalam pembangunan bangsa dan negara di masa yang akan datang. Selain itu, Rektor IKIP Siliwangi menjadi mengucapkan selamat datang, selamat bergabung dalam keluarga besar IKIP Siliwangi. Semoga kelak, saat lulus, para mahasiswa sanggup untuk menempatkan diri di tengah kehidupan masyarakat masa depan.

Pada kesempatan lainnya, Kepala L2DIKTI Wilayah IV Jabar dan Banten, Prof. Dr. Uman Suherman AS, M.Pd. mengungkapkan bahwa kampus adalah tempat dimana mahasiswa belajar memahami dan menguasai berbagai konsep dan konteks kehidupan yang baru. Ditempa menjadi pribadi yang tangguh dalam menghadapi persoalan, disiplin dalam menyelesaikan pekerjaan, tanggungjawab dalam menerima amanah. Dengan adanya status yang baru, diharapkan mahasiswa bisa memanfaatkan kesempatan dalam mengakses berbagai fasilitas keilmuan, sehingga bisa memberikan solusi dalam menghadapi permasalahan yang ada di tengah masyarakat.

Ketua Yayasan Kartika Jaya, Ny. Ana Juniani dalam sambutannya mengucapkan selamat datang kepada mahasiswa baru dan selamat bergabung dengan keluarga besar IKIP Siliwangi. Dengan bergabungnya mahasiswa baru IKIP Siliwangi diharapkan bisa menumbuhkan penguatan dan peningkatan kapasitas individu maupun kompetensi sosial bagi mahasiswa. Yayasan Kartika Jaya, sebagaimana visi dan misi serta program kerjanya selalu berkomitmen untuk meningkatkan kualitas kehidupan bangsa melalui pendidikan, salah satunya melalui layanan pendidikan yang dilaksanakan di IKIP Siliwangi. Mahasiswa baru diharapkan mampu memberikan kontribusi bagi pembangunan masyarakat di masa yang akan datang.