ICMI Jabar, PGRI Provinsi Jabar dan IKIP Siliwangi Gelar Webinar Nasional Bersama

Sabtu, 28 November 2020

Dalam rangka mengembangkan kapasitas ideologi mahasiswa dan para pendidik, IKIP Siliwangi menggelar acara Webinar Nasional bekerjasama dengan Pengurus Ikatan Cendekiawan Muslim Indonesia (ICMI) Jawa Barat dan PGRI Provinsi Jawa Barat yang bertajuk “Pancasila dalam Reformasi Pendidikan untuk Indonesia Emas 2045”. Acara webinar dilaksanakan pada tanggal 27 November 2020, melalui aplikasi Zoom Meeting. Hadir pada acara tersebut, Prof. Dr. Heris Hendriana, M.Pd. (Rektor IKIP Siliwangi, Kadiv Pendidikan Provinsi Jabar, Ketua Dewan Pakar PGRI Provinsi Jawa Barat), Prof. Dr. Muhammad Nadjib, M.Ag. (Ketua ICMI Provinsi Jawa Barat), Dr. Sri Astuti Buchari, M.Si. (Wakil Ketua Umum Majelis Pengurus Pusat ICMI), Maman Sulaeman, MM.Pd. (Sekretaris PGRI Provinsi Jawa Barat), Kol. Tek. Dr. Zaki Mubarok Al Hikmat, M.Pd. (Kasubdit Pengembangan Pengkajian Lemhanas RI) dan Yudi Latief, Ph.D. (Direktur Eksekutif Reform Institute, Ketua PSIK Indonesia).

Acara dibuka melalui Sambutan dari Prof. Dr. H. Muhammad Najib, M.Ag (Ketua ICMI Provinsi Jawa Barat), kemudian penyampaian materi pertama oleh Prof. Dr. H. Heris Hendriana, M.Pd. (Rektor IKIP Siliwangi, Kadiv Pendidikan ICMI Jabar, Ketua Dewan Pakar PGRI Provinsi Jabar) dengan judul Repetisi Kebijakan Pendidikan untuk Indonesia Emas 2045.

Selanjutnya materi diisi oleh Kol. Tek. Dr. Zaki Mubarok Al Hikmat, M.Pd. (Kasubdit Pengembangan Pengkajian Lemhanas RI) yang berjudul Guru dan Rekonstruksi Karakter Bangsa Guna Mendukung Tannas dalam Menyongsong Indonesia Emas 2045.

Materi terakhir disampaikan oleh  Yudi Latief, Ph.D. (Direktur Eksekutif Reform Institute, Ketua PSIK Indonesia) yang menyampaikan materi terkait pengembangan karakter Pancasila dalam Pembangunan Indonesia secara menyeluruh.

Acara ini dihadiri tidak kurang dari 1.000 orang peserta yang berasal dari mahasiswa, guru, cendekiawan dari seluruh Indonesia. Terselenggaranya acara ini merupakan salah satu upaya untuk membangun kembali kesadaran identitas Pancasila bagi bangsa Indonesia. IKIP Siliwangi sebagai salah satu perguruan tinggi yang mengembangkan berbagai pendekatan pendidikan di Indonesia, terus menjadi bagian dalam pengembangan karakter Pancasila sebagai bukti bakti kepada negara dan bangsa juga wujud implementasi tridharma perguruan tinggi.