IKIP Siliwangi Gelar Pengukuhan Guru Besar Bidang Pendidikan Matematika

Kamis, 26 November 2020

Rabu, 25 November 2020, IKIP Siliwangi menggelar acara pengukuhan Guru Besar Bidang Pendidikan Matematika, atas nama Prof. Dr. Hj. Euis Eti Rohaeti, M.Pd. Hadir pada kesempatan tersebut, Rektor IKIP Siliwangi, seluruh anggota senat akademik IKIP Siliwangi, Kepala L2DIKTI Wilayah IV Jabar Banten, Prof. Dr. H.Uman Suherman, M.Pd., Ketua Dewan Pembina Yayasan Kartika Jaya, Ny. Hetty Andika Perkasa dan Ketua Yayasan Kartika Jaya Pusat, Ny. Ana Juniani, Ketua Paguyuban Guru Besar, Prof. Dr. H. Endang Komara, M.Pd., unsur pimpinan di lingkungan IKIP Siliwangi, perwakilan mahasiswa dan tamu undangan VIP. Acara luring digelar di Gedung Graha Panca Bakti IKIP Siliwangi, dan juga diikuti secara daring oleh para tamu undangan dari berbagai perguruan tinggi dan seluruh sivitas akademika IKIP Siliwangi.

Pada acara tersebut, Prof. Dr. Hj. Euis Eti Rohaeti, M.Pd. didampingi oleh keluarga untuk secara langsung menerima Surat Keputusan Penetapan Guru Besar dan mendapatkan pengalungan samir Guru Besar yang disampaikan langsung oleh Rektor IKIP Siliwangi, Prof. Dr. H. Heris Hendriana, M.Pd yang disaksikan oleh seluruh hadirin.

Pada orasi ilmiahnya, Prof. Dr. Hj. Euis Eti Rohaeti, M.Pd. menyampaikan materi dengan tema, “Bermatematika yang cerdas dan berkarakter Melalui pembelajaran Simpatik”. Orasi tersebut berisi rangkaian inovasi dan peta jalan penelitian dan pengabdian masyarakat yang telah dilaksanakan oleh Prof. Dr. Hj. Euis Eti Rohaeti, M.Pd. sejak berkiprah menjadi dosen pada bidang pendidikan Matematika di IKIP Siliwangi. Inovasi dalam bidang pendidikan Matematika, terutama dalam penguatan karakter siswa menjadi salah satu fokus dalam orasi ilmiah yang disampaikan.

Sedangkan Kepala L2DIKTI Wilayah IV Jawa Barat dan Banten, Prof. Dr. H. Uman Suherman AS, M.Pd. mengungkapkan bahwa pengukuhan guru besar adalah sebuah kebanggaan dan prestasi dalam karir dosen sebagai pendidik di lingkungan pendidikan tinggi. Sehingga dengan berbagai capaian tersebut, semoga menjadi inspirasi dan motivasi bagi para dosen lainnya untuk turut membangun karir dan karya secara produktif dan memberikan manfaat yang nyata bagi masyarakat luas.

Pada kesempatan lainnya, Ketua Dewan Pembina Yayasan Kartika Jaya, pada sambutan singkatnya menyampaikan rasa bangga dan bahagia dalam pencapaian guru besar di IKIP Siliwangi, apalagi Prof. Dr. Hj. Euis Eti Rohaeti, M.Pd. adalah perempuan yang juga menjadi istri dan ibu rumah tangga, namun bisa menunjukkan kapasitasnya dalam pengembangan karir. Selain itu, Ketua Dewan Pembina Yayasan Kartika Jaya dalam sambutan tertulis yang disampaikan oleh Ketua Yayasan Kartika Jaya, Ny. Ana Juniani mengungkapkan bahwa capaian guru besar diharapkan menjadi salah satu penopang dan mengokohkan peran IKIP Siliwangi dalam bidang pendidikan. Selain itu, capaian ini juga menjadi tonggak dalam menguatkan kiprah Yayasan Kartika Jaya dalam bidang pendidikan di Indonesia.

Acara terlaksana dengan khidmat, keluarga dari Prof. Dr. Hj. Euis Eti Rohaeti, M.Pd. terlihat sangat berbahagia dan bangga atas pencapaian ini. Dengan pengukuhan ini, IKIP Siliwangi telah berhasil melahirkan dua orang guru besar dalam bidang pendidikan Matematika, setelah sebelumnya berhasil mengantarkan Prof. Dr. H. Heris Hendriana, M.Pd. sebagai guru besar pertama yang lahir dari IKIP Siliwangi.