IKIP Siliwangi Gelar Wisuda Sarjana ke-36 dan Pascasarjana ke-15

Rabu, 23 Desember 2020

IKIP Siliwangi kembali melaksanakan wisuda pada tanggal 23 Desember 2020, bertempat di Aula Graha Panca Bhakti IKIP Siliwangi. Acara diikuti oleh 1.438 orang wisudawan, namun demikian sesuai dengan protokol kesehatan, wisudawan yang hadir sebanyak 44 orang saja yang termasuk pada kategori wisudawan terbaik, sisanya mengikuti secara daring melalui Aplikasi Zoom Meeting dan Youtube. Senat akademik yang hadir secara daring hanya berjumlah 20 orang, yang terdiri dari Rektor IKIP Siliwangi, Prof. Dr. H. Heris Hendriana, M.Pd. Ketua Dewan Penyantun, Drs.KH. Olih Komarudin para wakil rektor, dekan dan ketua program studi. Ketua Pembina Yayasan Kartika Jaya menyampaikan sambutan secara tertulis yang dibacakan oleh Ketua Yayasan Kartika Jaya, Ny. Ana Juniani secara daring. Pada kesempatan tersebut juga hadir Kepala L2DIKTI Wilayah IV Jawa Barat dan Banten, Prof. Dr. H. Uman Suherman AS, M.Pd.

Rangkaian acara dimulai dengan prosesi memasuki ruangan sidang senat terbuka, menyanyikan lagu Indonesia Raya dan Hymne IKIP Siliwangi yang diikuti oleh seluruh hadirin. Acara selanjutnya dilanjutkan dengan pembacaan do’a oleh Dr. Nandang Rukanada, M.Pd., sambutan dari Rektor IKIP Siliwangi, Kepala L2DIKTI Wilayah IV Jawa Barat dan Banten, serta sambutan Ketua Dewan Pembina Yayasan Kartika Jaya yang dibacakan oleh Ketua Yayasan Kartika Jaya, Ny. Ana Juniani. Acara dilanjutkan dengan pembacaan Surat Keputusan Rektor IKIP Siliwangi terkait penetapan lulusan IKIP Siliwangi yang disampaikan oleh Wakil Rektor I, Prof. Dr. Hj. Euis Eti Rohaeti, M.Pd.

Dalam sambutannya, Rektor IKIP Siliwangi, Prof. Dr. H. Heris Hendriana, M.Pd. menyampaikan rasa bangga dan bahagia atas capaian para wisudawan yang telah menyelesaikan proses studinya di IKIP Siliwangi. Walaupun dilaksanakan dalam nuansa pandemi, namun kekhidmatan wisuda tidak berkurang. Beliau menambahkan justru pada kondisi seperti ini menjadi tantangan dan kesempatan bagi para wisudawan untuk menunjukkan kapasitasnya sebagai seorang sarjana yang mampu memberikan manfaat bagi masyarakat secara langsung. Karena sejatinya, intelektual tidak pernah kehilangan kesempatan untuk mengabdikan diri di tengah masyarakat, sebab ia mampu menghadirkan solusi atas permasalahan yang ada di tengah masyarakat.

Kepala L2DIKTI Wilayah IV Jawa barat dan Banten, Prof. Dr. H. Uman Suherman AS, M.Pd. pada sambutannya menyampaikan bahwa IKIP Siliwangi sebagai salah satu kampus yang telah memiliki kredibilitas dan prestasi di tengah masyarakat, diharapkan dapat terus mengembangkan berbagai kapasitas yang berkaitan dengan peningkatan kualitas kehidupan masyarakat. Dengan hadirnya para wisudawan baru, diharapkan dapat mengokohkan peran IKIP Siliwangi dalam berbagai lini kehidupan masyarakat. Beliau juga mengucapkan selamat atas keberhasilan para wisudawan dalam menyelesaikan studi dan semoga mampu menjadi kekuatan utama dalam mendukung pembangunan bangsa dan negara di masa yang akan datang.

Ketua Pembina Yayasan Kartika Jaya, Ny. Hetty Andika Perkasa dalam sambutannya yang dibacakan oleh Ketua Yayasan Kartika Jaya, Ny. Ana Juniani menyampaikan rasa bangga dan bahagia prestasi para wisudawan di IKIP Siliwangi. Ia pun menambahkan agar ilmu yang diperoleh dapat memberikan manfaat kepada masyarakat secara luas. Selain itu, menyampaikan agar para alumni dapat memberikan kontribusi terhadap pengembangan kampus di masa yang akan datang, baik dalam bidang penguatan keilmuan, tridharma perguruan tinggi maupun dalam bentuk yang lain.

Acara ditutup dengan penyampaian kesan dan pesan dari alumni terbaik, yaitu Iis Siti Salamah Azzahra yang lulus dari program Magister pendidikan bahasa Indonesia dengan predikat cumlaud dan meraih nilai IPK sebesar 3,91. Dalam kesan dan pesan yang disampaikannya, ia mengucapkan banyak terima kasih atas kesempatan bisa bergabung menjadi bagian di IKIP Siliwangi, sehingga bisa mendapatkan berbagai kesempatan mendapatkan prestasi tidak hanya dari dalam negeri maupun dari luar negeri.