Seminar Nasional Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia tahun 2020

Rabu, 16 Desember 2020

Program studi pendidikan bahasa Indonesia, kembali melaksanakan Seminar Nasional sebagai salah satu upaya menyebarluaskan hasil inovasi dalam bidang pendidikan bahasa Indonesia. Seminar Nasional dilaksanakan pada tanggal 16 Desember 2020 melalui media daring Zoom Meeting. Acara ini diikuti oleh sekitar 480 orang mahasiswa, praktisi, pendidik dan dosen program studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. Pada kesempatan ini, seminar Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia, mengangkat tema,  “Mematri Literasi Dasar dalam Menciptakan Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia yang Inovatif dan Kreatif”.

Rangkaian acara dimulai dengan pembukaan dan menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya yang dipandu oleh pembawa acara Enung Nurhayati, Ph.D. Selanjutnya, do’a dipimpin oleh Dedi Mulyadi, M.Ag.

Hadir pada acara tersebut untuk menyampaikan laporan panitia yang disampaikan oleh Ketua Prodi PBS Indonesia, Dr. Hj. Ika Mustika, M.Pd. Dalam sambutannya, Rektor IKIP Siliwangi, Prof. Dr. H. Heris Hendriana, M.Pd. menyampaikan bahwa seminar nasional kali ini harus memberikan manfaat sebaik-baiknya, walaupun dilaksanakan secara daring. Sehingga peran IKIP Siliwangi dalam meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia, terutama dalam penguatan bidang pendidikan bahasa dan sastra Indonesia dapat tercapai. Hal ini karena bahasa menjadi bagian utama dalam merekatkan rasa persatuan dan kesatuan bangsa.

Seminar nasional program studi pendidikan bahasa dan sastra Indonesia, menghadirkan 4 orang pemateri, yaitu Prof. E. Aminudin Azis, MA. Ph.D. (Kepala Badan Bahasa), Dr. Kastam Syamsi, M.Ed. (Dosen UNY), Abie Besman (Dosen UNPAD, Eksekutif Produser Kompas TV) dan Dr. Hj. Teti Sobari, M.Pd. (Dosen Program Pascasarjana Pendidikan Bahasa Indonesia, IKIP Siliwangi).