Ormawa IKIP Siliwangi Menggelar Program Peduli Pendidikan

Rabu, 10 Februari 2021

Untuk mendukung program merdeka belajar Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Organisasi Kemahasiswaan (Ormawa) IKIP Siliwangi melaksanakan acara IKIP Siliwangi Peduli Pendidikan dengan melibatkan diri pada kegiatan kemasyarakatan yang dilaksanakan secara serentak sejak bulan Februari  hingga Agustus 2021, dengan mengangkat tema “Peningkatan Kapasitas Masyarakat Melalui Layanan Pendidikan Bermutu di Jawa Barat”. Lokasi disesuaikan dengan tema program dan domisili mahasiswa, hal ini dilakukan untuk mendukung pelaksanaan protokol kesehatan di masa pandemi. Acara dilaksanakan di beberapa kabupaten/ kota di Wilayah Jawa Barat, seperti Kota Cimahi, Kota Bandung, Kabupaten Bandung Barat, Kabupaten Bandung, Kabupaten Ciamis, Kabupaten Karawang dan Kabupaten Cianjur.

Menurut Kabag Kemahasiswaan, Adi Nurjaman, M.Pd. program ini merupakan salah satu upaya untuk membangun keterampilan dan kompetensi sosial mahasiswa dalam melaksanakan kegiatan secara langsung di tengah masyarakat. Sehingga kelak mahasiswa mampu untuk menempatkan diri secara tepat di tengah masyarakat maupun dunia kerja. Selain itu, program ini juga ditujukan untuk mendukung implementasi Kurikulum Merdeka Belajar sebagaimana yang telah diprogramkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia.

Acara ini diikuti oleh 26 Organisasi Kemahasiswaan yang berada di IKIP Siliwangi, dengan melibatkan tidak kurang dari 560 orang mahasiswa. Program utama yang dijalankan adalah pendampingan terhadap kegiatan dan unit organisasi kemasyarakatan yang ada di setiap daerah, dengan tujuan untuk membantu mendukung pencapaian tujuan pembangunan daerah dan sosialisasi mengenai tanggap bencana daerah yang saat ini tengah terjadi di beberapa daerah di Jawa Barat.