Pengukuhan 319 Guru Profesional PPG IKIP Siliwangi tahun 2022

Sebagai salah satu LPTK penyelenggara Pendidikan Profesi Guru (PPG), IKIP Siliwangi melaksanakan pengukuhan Guru Profesional yang merupakan lulusan Program Pendidikan Profesi Guru (PPG) pada tanggal 25 Januari 2022. Sekitar 150 orang peserta hadir secara luring di Gedung Graha Panca Bakti IKIP Siliwangi dan 169 orang hadir melalui aplikasi Zoom Meeting. Hadir dalam kesempatan tersebut, Rektor IKIP Siliwangi beserta penanggungjawab PPG, kepala LLDIKTI Wilayah IV Jawa Barat, Ketua PGRI Provinsi Jawa Barat, Dosen dan para mahasiswa PPG IKIP Siliwangi.

Acara dibuka oleh Rektor IKIP Siliwangi, Prof. Dr. Hj. Euis Eti Rohaeti, M.Pd. kemudian dilanjutkan dengan laporan Penanggungjawab PPG IKIP Siliwangi, Prof. Dr. H. Heris Hendriana, M.Pd. yang menyampaikan bahwa pelaksanaan program PPG IKIP Siliwangi tahun 2021 menghadapi tantangan pelaksanaan bersamaan dengan adanya pandemi covid-19, namun dengan keteguhan dan kerja keras semua panitia pelaksana dan kerjasama dari para mahasiswa PPG IKIP Siliwangi yang berupaya untuk mencapai hasil yang terbaik.

Acara dilanjutkan dengan  pembacaan Surat Keputusan Rektor IKIP Siliwangi tentang pengukuhan mahasiswa PPG IKIP Siliwangi sebagai Guru Profesional oleh Koordinator PPG, Asep Samsudin, M.Pd. Kemudian dilanjutkan dengan penyerahan sertifikat pendidik secara simbolis yang dilakukan oleh para ketua bidang studi.

Dalam sambutan Kepala LLDIKTI Wilayah IV Jawa Barat dan Banten, Dr. M. Samsuri, S.Pd. M.T., menyampaikan bahwa tantangan guru profesional di masa yang akan datang adalah dengan menghadapi para peserta didik yang semakin maju dalam penguasaan ilmu pengetahuan dan teknologi. Sehingga peran guru sebagai fasilitator, organisator, mediator dan komunikator menjadi sangat penting, terutama menjadi model bagi masyarakat secara luas.

Pada kesempatan yang lain, Ketua Yayasan Kartika Jaya, Ny. Ana Juniani menyampaikan ucapan selamat kepada para peserta PPG dan para pelaksana PPG di IKIP Siliwangi. Seraya berharap agar pengukuhan ini dapat mendukung pencapaian visi dan misi pembangunan pendidikan di Indonesia saat ini maupun di masa yang akan datang.

Rektor IKIP Siliwangi, Prof. Dr. Hj. Euis Eti Rohaeti, M.Pd. dalam sambutannya mengucapkan selamat dan rasa bahagia bagi para peserta PPG yang telah menyelesaikan rangkaian program PPG di IKIP Siliwangi. Semoga dengan capaian yang telah dilalui saat ini, dapat menjadi motivasi dalam membangun dunia pendidikan Indonesia yang lebih berkembang, maju dan mampu mendorong kesejajaran Indonesia dengan negara-negara lain yang lebih dulu maju.

Di akhir acara, Ketua PGRI Jawa Barat yang diwakili oleh Sekretaris PGRI Jawa Barat, Drs. Maman Sulaeman, M.Si. menyampaikan bahwa pendidikan di Indonesia memiliki tantangan yang luar biasa. Dengan jumlah guru yang belum merata dan kompetensi yang belum memadai, hal ini menjadi tantangan dalam menyiapkan generasi muda Indonesia. Guru harus menjadi model dalam membangun karakter kehidupan bangsa yang jauh lebih maju dan berkembang, bukan hanya dalam penguasaan ilmu pengetahuan tapi juga dalam karakter unggul, menuju Indonesia maju.

Scroll to Top