Tingkatkan Jabatan Akademik Dosen, IKIP Siliwangi Laksanakan Bimtek Aplikasi Sister Bersama LLDIKTI IV Jawa Barat dan Banten

Untuk mendukung peningkatan kualitas jabatan akademik dosen di lingkungan IKIP Siliwangi, sebagai salah satu bentuk standar dalam indikator kinerja umum perguruan tinggi, Bagian Kepegawaian IKIP Siliwangi menyelenggarakan Bimbingan Teknis Aplikasi Sister yang bekerjasama dengan LLDIKTI Wilayah IV Jawa Barat. Pada acara yang dilaksanakan pada 31 Mei 2022 tersebut, hadir sebagai pembicara adalah Idik Nursidik, M.Kom (LLDIKTI Wilayah IV Jawa Barat dan Banten), Dr. Wahyu Hidayat, M.Pd. (Wakil Rektor Bidang Kepegawaian IKIP Siliwangi) dan Adi Nurjaman, M.Pd. (Kepala Bagian Kepegawaian IKIP Siliwangi). Hadir sebagai peserta dalam acara tersebut adalah dosen IKIP Siliwangi yang mengikuti secara luring di Gedung Graha Panca Bhakti IKIP Siliwangi.

Dalam sambutan dan pembukaan, Wakil Rektor Bidang Kepegawaian, Dr. Wahyu Hidayat, M.Pd. menyampaikan bahwa penggunaaan aplikasi sister adalah salah satu kewajiban dasar yang harus dikuasai dan terus diperbarui, karena berkaitan dengan jenjang karir dan aktivitas tridharma dosen pada perguruan tinggi. Selain itu, pengisian kinerja melalui sister juga membantu untuk proses pemeringkatan perguruan tinggi dan mendukung pencapaian indikator kinerja umum perguruan tinggi. Diharapkan melalui acara ini, para dosen dapat memahami dan mengetahui pemanfaatan aplikasi secara baik dan lengkap.

Sedangkan pada paparan materi yang disampaikan oleh Idik Nursidik, M.Kom disampaikan bahwa kinerja dosen yang dilaporkan melalui aplikasi sister meliputi tridharma, seperti pelaksanaan pendidikan, penelitian, pengabdian kepada masyarakat hingga publikasi ilmiah dan data pribadi dosen. Sehingga sangat penting untuk memantau aplikasi ini secara berkelanjutan, karena menjadi salah satu dasar dalam pemeringkatan dan penilaian kinerja perguruan tinggi yang dilaksanakan oleh LLDIKTI Wilayah IV Jawa Barat dan Banten, maupun oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi.

Di penghujung acara, Kepala Bagian Kepegawaian IKIP Siliwangi, Adi Nurjaman, M.Pd. menyampaikan kebijakan dan kriteria kinerja yang harus dicapai oleh dosen sebagai bagian dari sivitas akademika IKIP Siliwangi, termasuk untuk peningkatan jabatan akademik dosen. Kegiatan ini merupakan salah satu program pembinaan dan pendampingan dosen dalam menjalankan karir sebagai tenaga pendidik sekaligus sebagai pelaksana tridharma perguruan tinggi lainnya.