Webinar Rencana Aksi Nasional Penanggulangan Ekstrimisme Berbasis Kekerasan yang Mengarah pada Terorisme di Lingkungan Pendidikan Tinggi

Program penanggulangan aksi kekerasan yang mengarah pada tindak teorisme di lingkungan perguruan tinggi menjadi salah satu program pembinaan karakter yang dilaksanakan oleh Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT). Salah satunya melalui webinar Rencana Aksi Nasional Penanggulangan Ekstrimisme Berbasis Kekerasan yang Mengarah pada Terorisme di Lingkungan Pendidikan Tinggi yang dilaksanakan atas kerjasama antara BNPT dan Direktorat Pendidikan Tinggi dan Riset Teknologi, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan yang dilaksanakan pada hari Kamis, 22 September 2022 melalui aplikasi Zoom Meeting dan Aplikasi Youtube secara online.

Pemateri dalam acara tersebut adalah Brigjen Pol. Anwar Nurwahid yang berasal dari BNPT dan didampingi oleh pemateri dari Direktorat Pendidikan Tinggi dan Ristek, Kemdikbud. Dalam acara tersebut dijelaskan mengenai data terkait tindakan kekerasan dan berbagai modus yang mengarah pada perekrutan organisasi teroris yang berafiliasi dengan berbagai organisasi di dalam maupun di luar negeri.

IKIP Siliwangi pada acara tersebut diwakili oleh Wakil Rektor Bidang Kerjasama, Dr. M. Afrilianto, M.Pd. dan UPT Hubungan Masyarakat dan Kerjasama. Keikutsertaan IKIP Siliwangi didasarkan pada undangan yang diberikan oleh Ditjen Dikti Ristek Kemdikbud. Dengan adanya kegiatan tersebut, diharapkan perguruan tinggi dapat meningkatkan partisipanya untuk mencegah perilaku intoleran, anti kebhinekaan maupun tindakan yang mengarah pada pidana teorisme.

Scroll to Top