Jelajah Sastra Asean untuk Meningkatkan Minat Pembelajaran Sastra

Dalam rangka memenuhi implementasi satu dari delapan Indikator Kinerja Utama Perguruan Tinggi (PT) yang dicanangkan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud), yaitu melaksanakan kegitan di luar perkuliahan baik bertaraf nasional maupun internasional. Terkait hal tersebut pada 15 Oktober 2022 melalui aplikasi Zoom Meeting dan Youtube live streaming, Pascasarjana Pendidikan Bahasa Indonesia IKIP Siliwangi melaksanakan webinar dengan tema “Jelajah Sastra ASEAN untuk Meningkatkan Minat Pembelajaran Sastra.”

Webinar dimulai jam 09.00 WIB. Acara dibuka oleh  Rektor IKIP Siliwangi, Prof. Dr. Hj. Euis Eti Rohaeti, M.Pd. Hadir sebagai pembicara Mahroso Doloh (Sastrawan Patani-Selatan Thailand), Amran Ibrahim Rashidi (Sastrawan Muda Malaysia), Nik Mansour Nik Halim ( Sastrawan Muda Vietnam), Shahril Samri ( Sastrawan Muda Singapura), Nurul Maria Sisilia ( Sastrawan Muda Indonesia) dengan penanggap Enung Nurhayati, M.A., Ph.D. dan dimoderatori oleh Restu Bias Primandhika, S.S., M.Pd.

 

Webinar ini dihadiri oleh sekitar 715 peserta yang ditampung kapasitas penuh dalam zoom sebanyak 300 participant, dan yang mengikuti melalui youtube live streaming sebanyak 415 viewer. Para peserta hadir dari Thailand, Singapura, Malaysia, Vietnam, dan dari Indonesia hadir dari berbagai provinsi: Wajo-Sulawesi Selatan, Sumatera Selatan, Padang, Riau, Aceh, Papua, Jawa Tengah, Jawa Barat, dan dari berbagai Kabupaten-Kota di Jawa Barat: Ciamis, Tasikmalaya, Garut, Sumedang, Bandung, Cimahi, Purwakarta, Cianjur, Karawang, Bekasi, Bogor, Tangerang. Peserta selain dari kalangan mahasiswa IKIP juga dari mahasiswa luar, para guru, dosen, sastrawan dan umum.

Acara webinar ini diharapkan bisa menjadi pemantik mahasiswa dan para guru pemelajar untuk lebih meningkatkan minat literasi bersastra dan Pembelajaran Bahasa-Sastra di sekolah/perguruan tinggi. Selain itu melalui acara webinar ini diharapkan bisa meningkatan jalinan silaturrahim Indonesia dengan negara-negara Jiran serumpun Melayu. Pada puncaknya diharapkan Sastra ASEAN semakin membumi di dunia.

Jaya Sastra ASEAN, Jaya IKIP Siliwangi.

Siaran ulang Jelajah Sastra Asean dapat disimak pada video berikut:

id_IDIndonesian