Perluas Jaringan, Rektor IKIP Siliwangi Jalin Kerjasama dengan Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa Yogyakarta

Dalam rangka memenuhi Indikator Kinerja Utama (IKU) dan program sustainbility perguruan tinggi, Rektor IKIP SIliwangi Prof. Dr. Hj. Euis Eti Rohaeti, M.Pd dan Wakil Rektor bidang Sumber Daya Dr. Whayu Hidayat, M.Pd melaksanakan kunjungan dan penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) ke Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa (UST) Yogyakarta. Dalam kunjungannya IKIP Siliwangi diundang UST untuk membicarakan program strategis dalam konteks tri dharma perguruan tinggi, diantaranya:  pendidikan, penelitian, pengabdian kepada masyarakat, dan pelestarian dan pembangunan budaya nasional.

untuk mengejawantahkan secara eksplisit bentuk MoU di atas, Universitas Sarjanawiyata Taman SIswa (UST) dan IKIP Siliwangi tidak berhenti sampai di sana. Kedua pihak selanjutnya sepakat untuk melaksanakan penandatanganan Memorandum of Agreement (MoA) antar dekan fakultas yang terdiri dari dekan Fakultas Pendidikan Matematika dan Sains, Fakultas Ilmu Pendidikan, dan Fakultas Ppendidikan Bahasa. Upaya ini dilakukan sebagai bentuk tindak lanjut langsung dari MoU, agar realisasi dari kerja sama ini dapat dilaksanakan dan memiliki dampak dan feedback antar keduanya.

Adapun sektor kerjasama antar dekan fakultas meliputi: (1) pemberian masukan kepada kurikulum kedua belah pihak melalui analisis dan revitalisasi penyesuaian kurikulum perguruan tinggi dengan kurikulum yang berlaku secara dinamis. (2) implementasi pertukaran dosen dan mahasiswa, sebagai upaya study comparative yang memberikan pengalaman baru, baik untuk dosen maupun mahasiswa. (3) pengembangan sumber daya manusia melalui seminar maupun pelatihan. (4) kolaborasi riset pendidikan untuk meningkatkan kredibilitas penelitian dosen maupun mahasiswa. (5) sharing program merdeka belajar kampus merdeka (MBKM), dan (6) kerjasama program inovasi lainnya.

Melalui kerjasama ini Rektor UST Prof. Drs. H. Pardimin, M.Pd., Ph.D dan Rektor IKIP Siliwangi Prof. Dr. Hj. Euis Eti Rohaeti, M.Pd sama-sama memiliki tujuan agar terjalin kerjasama yang berkelanjutan, dapat dikontrol, dan dievaluasi, sehingga tujuan utama dari kerjasama antar dua lembaga ini tidak berhenti pada penandatanganan di aatas kertas semata, melainkan dapat memberikan dampak signifikan bagi kemajuan kedua belah kampus dan memberi kontribusi sosial bagi lingkungannya.

 

Scroll to Top