Rektor IKIP Siliwangi beserta Paguyuban Guru Besar LLDikti 4 melakukan Bhakti Sosial kepada Korban Bencana Alam di Cianjur

Minggu, 27 November 2022, Rektor IKIP Siliwangi Prof. Dr. Hj. Euis Eti Rohaeti, M.Pd ditemani Direktur Pascasarjana Prof. Dr. H. Heris Hendriana, M.Pd beserta para Profesor yang tergabung dalam Paguyuban Guru Besar LLDikti Wilayah IV, melakukan kegiatan bhakti sosial kepada para korban bencana alam di Cianjur. Dalam pertemuannya yang disambut langsung di pendopo Bupati Cianjur Rektor IKIP Siliwangi menyampaikan bela sungkawa terhadap masyarakat Cianjur yang terdampak bencana gempa bumi beberapa minggu lalu. Selain itu, beliau dan seluruh Paguyuban Guru Besar di Wilayah LLDikti Jawa Barat berkomitmen untuk ikut andil dalam upaya pemulihan pendidikan bagi masyarakat Cianjur, khususnya trauma hiling dan kegiatan pendidikan bagi anak-anak dan remaja.

Upaya relalisasi bhkati sosial di atas, mendapat sambutan hangat dari Bupati Cianjur Herman Suherman. Dalam pertemuannya, Bupati Cianjur menyampaikan sambutan hangat dan syukur kepada Allah, melalui musibah ini memperoleh sejuta hikmah, salah satunya respon berupa bantuan yang berragam baik dari dalam maupun luar negeri, tidak terkecuali dari para perguruan tinggi yang sampai detik ini terus menyalurkan bantuannya. Pemulihan ekonomi, pendidikan dan pembangunan memang harus direncanakan, namun saat ini upaya utama yang terjalin dengan pemerintah pusat yaitu dipusatkan pada perelokasian warga dan pencarian para korban, karena dikhawatirkan akan terjadi gempa susulan, namun tidak menutup kemungkinan dalam waktu dekat pemulihan trauma healing sangat dibutuhkan bagi para warga Cianjur, terutama anak-anak dan lansia, tegas Herman Suherman.

Melalui kunjungan bhakti sosial ini dirasa sangat tepat, karena kebutuhan para warga Cianjur ke depan, tidak hanya bantuan logistik saja, melainkan pemulihan sektor pendidikan harus menjadi pusat perhatian bersama yang harus diinisiasi oleh para perguruan tinggi di Indonesia terutama di Wilayah Jawa Barat, ungkap Direktur Pasca Sarjana IKIP Siliwangi. Selain itu, tindak lanjut dari kunjungan bhakti sosial ini akan dilaksanakannya program pengabdian kepada masyarakat Cianjur di beberapa titik yang terdampak bencana, dan sangat membutuhkan pendampingan trauma healing dan memfasilitasi kegiatan pendidikan bagi anak-anak dan para remaja. Harapan besar dari Paguyuban Guru Besar LLDikti IV ini adalah, mengupayakan seluruh perguruan tinggi baik dosen maupun mahasiswa, untuk bahu-membahu dalam memulihkan kegiatan pendidikan di Cianjur, agar ke depan hak-hak para siswa tetap terfasilitasi untuk belajar.

 

id_IDIndonesian