Wisuda Sarjana ke-38 dan Pascasarjana ke-17 IKIP Siliwangi Tahun 2022

Cimahi, IKIP Siliwangi – Kamis (08/12), Institut Keguruan dan Ilmu pendidikan (IKIP) Siliwangi sukses menyelenggarakan wisuda untuk jenjang Sarjana dan Magister Tahun 2022. Wisuda dilaksanakan secara full luring yang bertempat di Gedung Graha Panca Bhakti IKIP Siliwangi, serta disiarkan secara langsung melalui channel Youtube IKIP Siliwangi TV. Prosesi wisuda dilakukan dengan tertib dan tetap memerhatikan protokol kesehatan untuk mencegah penyebaran Covid-19. Pelaksanaan wisuda dibagi menjadi dua sesi (sesi pagi dan siang) sejumlah 1.493 wisudawan. Pada sesi pagi dihadiri oleh para wisudawan dari program studi S1 Pendidikan Bahasa Inggris, S1 Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, S1 Pendidikan Matematika, S2 Pendidikan Matematika, S2 Pendidikan Masyarakat, dan S2 Pendidikan Bahasa Indonesia.  Sedangkan di sesi siang dihadiri oleh para wisudawan dari program studi S1 Bimbingan dan Konseling, S1 PG-PAUD, S1 Pendidikan Masyarakat, dan S1 PGSD. Dengan rincian lulusan jenjang sarjana (S1) sebanyak 1.413 orang dan lulusan jenjang magister (S2) sebanyak 80 orang, beserta wisudawan terbaik 1 dari tiap program studi.

Penyelenggaraan wisuda dimulai dengan pembukaan sidang senat terbuka yang dibuka oleh Rektor IKIP Siliwangi, Prof. Dr. Hj. Euis Eti Rohaeti, M.Pd., selanjutnya pembacaan doa oleh Dr. Nandang Rukanda, M.Pd (sesi pagi) dan Dr. H. Ronny Mugara, M.Pd., (sesi siang) agar pelaksanaan wisuda dapat berjalan dengan khidmat. Kemudian dilanjutkan dengan sambutan pada sesi pagi sampaian dari Rektor IKIP Siliwangi, Prof. Dr. Hj. Euis Eti Rohaeti, M.Pd., ketua senat akademik IKIP Siliwangi, K. H. Olih Komarudin, sambutan ketua Pembina Yayasan Kartika Jaya, Ny. Rahma Setyaningsih Dudung Abdurahman, dan sambutan terakhir disampaikan oleh plt Kepala LLDIKTI 4 Jawa Barat dan Banten, Dr. M. Samsuri, S.Pd., M.T. Pada sesi siang sambutan dari Rektor IKIP Siliwangi, Prof. Dr. Hj. Euis Eti Rohaeti, M.Pd., kemudian sambutan ketua Pembina Yayasan Kartika Jaya, Ny. Evi Sophia Indra, sambutan Ketua Umum PGRI Jawa Barat, Drs. H. Dede Amar., dan sambutan Kepala Bagian Umum LLDIKTI Wilayah IV, Dr. Agus Supriatna, S.Sos., M.Si.,

 

   

Dalam sambutannya, Rektor IKIP Siliwangi, Prof. Dr. Hj. Euis Eti Rohaeti, M.Pd., menyampaikan tentang perkembangan dan capaian prestasi yang diraih oleh IKIP Siliwangi. Hal ini sebagai salah satu upaya untuk membekali para wisudawan terkait dengan peningkatan dan mutu kampus almamater tempat para wisudawan menimba ilmu sesuai dengan perkembangan era globalisasi dan era digital saat ini dengan kekhasan kompetensi dari tiap program studi “Entrepreneurship Berbasis Keilmuan Prodi” dan daya kompetitif yang kuat, penguatan keterampilan bahasa Inggris dan pelatihan keterampilan IT, sehingga dapat mencetak calon pendidik yang handal dan berkualitas. Dengan demikian diharapkan dapat memberikan bekal, pengalaman, dan penguatan karakter bagi para wisudawan dalam menghadapi tantangan yang dihadapi terutama pada etos kinerja di masa mendatang setelah menggapai wawasan dan pengetahuan dari IKIP Siliwangi.

Ketua senat akademik IKIP Siliwangi, K. H. Olih Komarudin dalam sambutannya mengungkapkan bahwa wisuda bukan suatu tentang perpisahan melainkan jalinan tali suilaturahmi yang erat, memperkuat tali persaudaraan, dan mengokohkan persatuan dan kesatuan yang sangat dibutuhkan oleh setiap negara di semua bangsa terutama di lembaga IKIP Siliwangi. Adanya harapan dan pesan teruntuk para wisudawan agar tetap tegar meratapi masa depan, kerja keras, kerja tuntas, dan kerja ikhlas, tingkatkan nilai spiritual, akademika, dan solid sebagai generasi penerus, dengan kekhasan istilah sunda “hirup pikabitaeun ulah pikarunyaeun”, tegas dalam bersikap, kukuh dalam pendirian, dan santun dalam bertutur kata.

Sedangkan Ketua Yayasan Kartika Jaya, Ny. Rahma Setyaningsih dan ketua Pembina Yayasan Kartika Jaya, Ny. Evi Sophia Indra, menyampaikan ucapan selamat kepada para wisudawan yang telah menyelesaikan pendidikan, dan turut berbahagia atas capaian yang diperoleh oleh para wisudawan. Seraya berharap semoga ilmu yang didapatkan dapat dipergunakan sebabaik-baiknya untuk mendukung dan membangun masyarakat Indonesia. Sehingga kehadirannya menjadi solusi terhadap permasalahan yang dihadapi oleh bangsa Indonesia dalam menghadapi tuntutan era revolusi industri 4.0 dan 5.0. Kemudian sampaian terima kasih telah mempercayakan pendidikan kepada IKIP Siliwangi, dengan harap para wisudawan memiliki akhlak mulia, beradab, karir masa depan yang elegan, terus berkarya dan kiprahnya  memberikan manfaat bagi masyaraakat luas hingga dapat menjaga nama baik alammater. Serta harapannya pada IKIP Siliwangi terus berkembang menjadi Perguruan Tinggi yang sehat, berkualitas, memenuhi harapan masyarakat sesuai visi dan misi, sehingga dapat melahirkan bangsa yang berkualitas dan mampu mendukung pembangunan nasional.

Plt Kepala LLDIKTI Wilayah IV Jawa Barat dan Banten, Dr. M. Samsuri, S.Pd., M.T., dan Dr. Agus Supriatna, S.Sos., M.Si., menyampaikan bahwa IKIP Siliwangi sebagai salah satu perguruan tinggi pendidikan yang terkemuka di Jawa Barat dan Banten, diharapkan dapat terus meningkatkan kualitas layanan dan aktivitas tridharma Perguruan Tinggi sehingga mampu melahirkan lulusan-lulusan terbaik dengan kesiapan penuh untuk menghadapi tantangan dan permasalahan di tengah masyarakat, termasuk dalam menghadapi tuntutan Ilmu Pengetahuan, Teknologi dan Seni yang terus tumbuh dan berkembang.  Serta ucapan selamat pada para wisudawan atas prestasi yang sudah diraih dan gelar akademik yang sudah diperoleh, besar harapan semoga para wisudawan dapat profesional dalam menghadapi tantangan di masa datang, dapat meningkatkan dan memilihara karakter yang dimiliki, bertanggung jawab dalam membangun bangsa dan negara, dan dapat mengimplementasikan ilmu dan pengetahuan yang sudah diperoleh selama pendidikan di IKIP Siliwangi.

Ketua Umum PGRI Jawa Barat, Drs. H. Dede Amar mengucapkan selamat dan sukses atas keberhasilan para wisudawan, seyogyanya dunia pendidikan perlu dikawal dan diciptakan dengan karakter dan sikap individu, ditandai dengan akhlak yang baik, dan bisa menjadi teladan bagi masyarakat umum. Serta pesan untuk bersama-sama melakukan sikap revolusi akhlak, mengedepankan ADAB (Amanah, Disiplin,  Antusias, dan Bersama). Sehingga para wisudawan IKIP Siliwangi menjadi generasi emas dan memberikan manfaat yang bijak.

Setelah beberapa sambutan disampaikan, acara berikutnya Pembacaan Surat Keputusan Kelulusan dan Pembacaan Wisudawan Terbaik, disampaikan oleh Wakil Rektor Bidang Akademik, Dr. Wikanengsih, M.Pd. (sesi pagi) dan Wakil Rektor Bidang Sumber Daya, Dr. Wahyu Hidayat, M.Pd. (sesi siang). Penyerahan ijazah dan penyematan tanda wisudawan terbaik 1 dari masing-masing program studi oleh Rektor, Ketua Yayasan, Kepala LLDIKTI 4, Ketua Senak Akademik, dan Wakil Rektor. Serta penyerahan ijazah bagi wisudawan oleh Dekan Fakultas dan Ketua Program Studi.

                 

Acara dilanjutkan dengan mengucapkan janji alumni oleh seluruh wisudawan yang hadir. Sementara itu, penyampaian kesan dan pesan dari wakil wisudawan disampaikan oleh Arlin Yuliyanti Silalahi dari Program Studi Pendidikan Matematika (sesi pagi) dan Dina Aprilia dari Program Studi Bimbingan dan Konseling (sesi siang). Wakil wisudawan dalam sambutannya menyampaikan terima kasih kepada IKIP Siliwangi yang sudah mendidik mereka dalam beberapa tahun ini. Wakil wisudawan juga memotivasi rekan-rekannya agar sungguh menghayati keberadaan mereka sebagai intelektual.

                               

Penyelenggaraan Wisuda IKIP Siliwangi Tahun 2022 ini berjalan dengan lancar dan khidmat, diiringi dengan rasa syukur dan bahagia para wisudawan yang hadir secara luring. Semoga para wisudawan dapat meniti karir dan mewujudkan cita-citanya dengan mengamalkan serta mengimplementasikan ilmu yang sudah diperoleh serta memberikan manfaat bagi diri sendiri, masyarakat, agama, dan bangsa. Para wisudawan ini adalah generasi unggul yang diharapkan dapat memajukan sumber daya masyarakat, bangsa dan negara. Besar harapan, para wisudawan menyadari bahwa lulus kuliah tidak hanya menjamin diterima di dunia kerja namun perlu kreativitas menciptakan lapangan kerja sendiri dengan bantuan kecerdasan artifisial pada abad ke-21 ini.

Salam sukses untuk Wisudawan IKIP Siliwangi tahun 2022                                                                  #IngatGuru  #IngatIKIPSiliwangi