IKIP Siliwangi Lakukan THERAPIST (Trauma Healing In Education) sebagai Program Pengabdian Masyarakat di Sekolah Darurat Cugenang, Cianjur.

Selasa, 13/12/2022. Tim Dosen IKIP Siliwangi melakukan kegiatan pengabdian kepada masyarakat terkhusus di lokasi Sekolah Darurat SDN Kawunggading, Desa Cibulakan Kecamatan Cugenang Kabupaten Cianjur. Program pengabdian yang dilakukan bertujuan untuk membantu masyarakat Cibulakan, para guru beserta para peserta didik Sekolah Dasar, dan meminimalisir kesulitan yang dihadapi oleh masyarakat korban gempa Cianjur. Kegiatan pengabdian ini bertemakan “THERAPIST (Trauma Healing in Education): Recovery Activity Program from IKIP Siliwangi Team”. Dalam pelaksanaannya tim dosen IKIP Siliwangi memberikan edukasi kepada para guru dan peserta didik melalui beragam aktivitas yang dilakukan, seperti membuat keterampilan (pojok aktivitas), melakukan permainan atau edugame pada anak-anak, hingga memberikan motivasi besar kepada para guru dan peserta didik untuk terus melakukan pembelajaran dimana pun, kapan pun, dan dalam keadaan apapun.

 

Rektor IKIP Siliwangi, Prof. Dr. Hj. Euis Eti Rohaeti, M.Pd., bersama Bapak Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset, dan Teknologi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Prof. Ir. Nizam, M.Sc., DIC, Ph.D., IPU, Asean.Eng., Sekretaris Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Prof. Tjitjik Sri Tjahjandarie., Ketua Yayasan Kartika Jaya dan Ibu Dandim 0608 Cianjur ikut andil dalam pelaksanaan THERAPIST, melaksanakan rangkaian kegiatan yang dijadwalkan kepada masyarakat khususnya untuk peserta didik dan guru/dosen korban gempa Cianjur, melaksanakan koordinasi dan pemantauan terhadap aktivitas pendidikan di Cianjur pasca gempa. Serta memberikan bantuan fasilitas pembelajaran untuk para guru dan peserta didik.

Penyerahan bantuan dilakukan secara langsung. Bantuan yang diserahkan berupa Tablet Merah Putih, diserahkan langsung oleh Ibu Sekretaris Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Prof. Tjitjik Sri Tjahjandarie dan  diterima oleh Ibu Rektor IKIP Siliwangi. Disaksikan oleh Bapak Kepala LLDIKTI Wilayah IV Jawa Barat dan Banten, yang kemudian bantuan tersebut akan diserahkan langsung kepada siswa-siswi SDN Kawunggading, Cugenang. Doorprize tablet Merah Putih juga akan diberikan kepada guru, tim pengabdian IKIP Siliwangi pula mengulurkan tangan untuk memberikan bantuan media pembelajaran berupa tab serta pemberian alat tulis dan buku bagi siswa-siswi PAUD dan SD Kawunggading, Kecamatan Cugenang yang langsung diberikan oleh Rektor IKIP Siliwangi.

Semoga dengan hadirnya tim pengabdian dan pelaksanaan THERAPIST IKIP Siliwangi, dapat menghadirkan solusi dan manfaat bagi para guru dan peserta didik untuk terus senantiasa mengemban dan melaksanakan kegiatan pembelajaran dengan lebih baik.

 

id_IDIndonesian