Orientasi PPG Prajabatan Angkatan 1 Tahun 2022

LPTK PPG IKIP Siliwangi setelah sukses dengan Program PPG Daljabnya, kini di tahun pertama angkatan 1 tahun 2022 membuka program PPG Prajabatan. Direktorat Jendral Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK) mengamanahkan sejumlah mahasiswa PPG Prajabatan untuk di laksanakan di IKIP Siliwangi. Hal tersebut terbukti dengan kegiatan orientasi yang dilaksanakan secara langsung di Aula Pancabhakti IKIP Siliwangi.

Kegiatan orientasi mahasiswa PPG angkatan ke-1 tahun 2022 ini diikuti sejumlah pimpinan IKIP Siliwangi, antara lain Rektor IKIP Silwiangi Prof. Dr. Hj Euis Eti Rohaeti, M.Pd., Wakil Rektor Bidang Akademik Dr. Hj. Wikanengsih, M.Pd., Kepala Penjaminan Mutu PPG LPTK IKIP Siliwangi Prof. Dr. H. Heris Hendriana, M.Pd., Koordinator LPTK PPG IKIP Siliwangi Dr. Asep Samsudin, M.Pd., serta ketua bidang studi PGSD Galih Dani Septian, M.Pd.

Meski hanya diikuti oleh bidang studi PGSD, namun antusias mahasiswa PPG Prajabatan angkatan 1 ini cukup antusias dalam mengikuti kegiatan orientasi. Rektor IKIP Siliwangi menyampaikan, keikutsertan bapak ibu mahasiswa PPG Prajab merupakan langkah tepat dalam memperoleh kompetensi sebagai guru profesional, karena di era disrupsi dan kecepatan perubahan teknologi memberikan dampak besar terhadap perkembangan SDM guru yang begitu masif, sehingga kompetisi yang bergelut dalam dunia kependidikan akan semakin banyak pula. Hal serupa ditegaskan oleh Koordinator LPTK PPG IKIP Siliwangi, bahwa kapabilitas seorang guru profesional tidak cukup hanya memperoleh gelar sarjana pendidikan saja, akan tetapi legal formal yang harus ditempuh yakni melalui program pendidikan profesi.

Kesempatan besar bagi para lulusan baru (fresh graduate) menjadikan suasana orientasi semakin hanyat dengan diskusi interaktif seputar kesiapan dalam mengikuti PPG selama 2 semester, oleh karena itu intensitas kesibukan para mahasiswa harus difokuskan pada program PPG. Selain didanai oleh pemerintah kesempatan besar lain adalah mahasiswa harus terampil dalam memahami teknis pelaksanaan PPG Prajab, mengingat kegiatan lapangan dalam mengobservasi sekolah akan menjadi bagian dari prioritas pendidikan profesi guru dalam jabatan kali ini.

Scroll to Top