Ketua Pembina Yayasan Kartika Jaya, Hadiri Kegiatan Monev GISMA 2023

Cianjur Selasa, 7 Februari 2023. Kegiatan Gerakan IKIP Siliwangi Mengajar (GISMA) merupakan salah satu progran inovatif yang digagas oleh kampus IKIP Siliwangi. Kegiatan GISMA tahun 2023 difokuskan di Kabupaten Cianjur dan sekitarnya bekerja sama dengan Pemerintah Daerah, Dinas Pendidikan, Komando Distrik Militer (Kodim) Siliwangi, dan Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) yang bertujuan untuk meningkatkan semangat belajar dan resiliensi siswa pasca bencana gempa bumi. Melalui kegiatan GIMA juga diharapkan mampu mengembalikan kesadaran pentingnya belajar masyarakat di lingkungan terdampak bencana.

Pada kegiatan Monitoring dan Evaluasi ini selain dihadiri oleh Rektor IKIP Siliwangi Prof. Dr. Hj. Euis Eti Rohaeti, M.Pd, dihadiri pula oleh ketua dan jajaran pengurus Yayasan Kartika Jaya Ny. Ana Juniani, sekaligus mengundang Ketua Pembina Yayasan Kartika Jaya Ny. Rahma Setyaningsih. Dalam acara sambutannya Rektor IKIP Siliwangi menyampaikan bahwa program GISMA harus mampu memberikan semangat dan motivasi belajar kepada para siswa di sekolah meski dengan berbagai keterbatasan sarana. Kemudia ia menyampaikan para mahasiswa harus dapat beradaptasi dengan siswa dan masyarakat untuk mengaplikasikan berbagai keterampilan mengajar, sehingga dapat mengembalikan semangat belajar bagi para siswa.

 

 

 

 

 

Sementara itu, dalam kesempatan yang sama Ketua Pembina Yayasan Kartika Jaya menyampaikan sambutan dengan memotivasi para peserta GISMA untuk menjaga etika dalam bermasyarakat juga menunjukan profesionalitas dalam mengabdi di sekolah, agar kegiatan yang diikuti memberi kesan yang baik di mata masyarakat. Selain itu, ia menyampaikan agar para mahasiswa menjaga kesehatan, kondisi di tempat darurat tentu menimbulkan berbagai ragam penyakit, untuk itu, diperlukan stamina yang kuat agar mahasiswa dapat mengikuti kegiatan GISMA sampai tuntas.

Kegiatan monev GISMA yang dilaksanakan di Kodim Siliwangi Cianjur ini tentunya mendapatkan dukungan penuh dari Ketua Pembina Yayasan Kartika Jaya (YKJ), sebagai komitmen tersebut Ketua YKJ pun menyalurkan bantuan 400 paket yang disalurkan kepada para mahasiswa dan dosen pembimbing lapangan untuk membantu kegiatan GISMA. Selain itu, sebagai dukungan penuh kepada beberapa sekolah yang terkena dampak bencana gempa, bantuan juga turut disalurkan dari pihak kampus IKIP Siliwangi pada kegiatan 1 bulan sebelumnya dengan menyalurkan perangkat media pembelajaran bagi guru dan siswa.

 

Scroll to Top