Semarak Pagelaran Budaya Meriahkan Pelepasan Program PMM ke-2 IKIP Siliwangi Tahun 2022

Semarak pagelaran budaya pada momentum penutupan dan perpisahan mahasiswa Program Pertukaran Mahasiswa Merdeka (PMM) IKIP Siliwangi telah berhasil menarik perhatian civitas akademika IKIP Siliwangi. Kegiatan pelepasan mahasiswa PMM ke-2 ini secara resmi ditutup oleh Rektor IKIP Siliwangi Prof. Dr. Hj. Euis Eti Rohaeti, M.Pd, juga turut dihadiri oleh para Wakil Rektor, ketua program studi, dan seluruh ormawa IKIP Siliwangi. Kegiatan ini turut mengundang perwakilan dari Pimpinan Universitas Kristen Indonesia Toraja, Enos Lolang, S. Si., M.Pd sekaligus memberikan sambutan dan penarikan para mahasiswa.

Pada pelaksanaan PMM ke-2 ini, IKIP Siliwangi memperoleh mahasiswa inbound sebanyak 47 orang dari 20 perguruan tinggi di luar pulau jawa, dari mitra Perguruan Tinggi yang mengirimkan delegasi mahasiswa ke IKIP Siliwangi antara lain Universitas Kristen Indonesia Toraja, Universitas HKBP Numension Medan, Universitas Tadolako, Universitas Katolik Santo Tomas, Universitas Hamzanwadi, Universitas Muhammadiyah Kediri, Universitas PGRI Silampari, Universitas Cokroaminoto Palopo, Universitas Muhammadiyah Palopo, Universitas Hairun Ternate, Universitas Muhammadiuah Prinseu Lampung, Universitas Muslim Nusantara Alwasliah Medan, Universitas Islam Makassar, Universitas Malikus Saleh, Universitas Muhammdaiyah Makassar, Universitas Muhammadiyah Sumatra Utara, Universitas Negeri Makassar, Universitas Negeri Manado, Universitas Negeri Padang, dan Universitas Prima Indonesia.

Sedangkan IKIP Siliwangi mengirimkan mahasiswa PMM-2 untuk skema outbound sebanyak 52 orang yang didistribusikan ke 12 Peguruan Tinggi di luar pulau jawa, antara lain Universitas Islam Makassar, Universitas Nusa Cendana, Universitas Pendidikan Ganesha, Universitas Katolik Widya Mandira Kupang, Universitas Negeri Medan, Universitas Negeri Padang, Universitas Mahasaraswati Denpasar, Universitas Negeri Gorontalo, Universitas Borneo Tarakan, Universitas Makussaleh, Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong, Universitas Yakuala Aceh.

Rangkaian kegiatan pagelaran budaya pada acara penutupan dan perpisahan mahasiswa Program Pertukaran Mahasiswa Merdeka (PMM) diawali dengan sambutan-sambutan. Dalam sambutannya Rektor IKIP Siliwangi menyampaikan agar program PMM ini dijadikan sebagai batu loncatan untuk terus berprestasi melalui kegiatan inovatif secara kolaboratif. Selain itu, beliau menyampaikan program pertukaran ini tidak terbatas pada pertukaran aspek akademik semata, melainkan mampu bertukar pengalaman serta wawasan budaya antar daerah sehingga akan menciptakan generasi yang siap menghadapi tantangan zaman. Kegiatan ini dilajutkan dengan pentas seni yang menampilkan kekhasan ragam budaya dari para mahasiswa PMM baik inbound maupun outbond, sehingga memberi kesan yang sangat menarik dan semarak. Di akhir kegiatan ditutup dengan foto bersama dan pelepasan secara simbolis.

 

Scroll to Top