Pendampingan Internalisasi Merdeka Belajar kedalam Standar Nasional Pendidikan Tinggi Bidang Kependidikan Lingkungan Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi Wilayah IV

Cimahi, 8 Februari 2023. Dalam rangka melakukan akselerasi implementasi merdeka belajar sesuai dengan Standar Nasional pendidikan tinggi khususnya di bidang kependidikan Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi Wilayah IV (LLDIKTI IV), maka perlu adanya kegiatan pendampingan internalisasi merdeka belajar ke dalam standar nasional pendidikan tinggi bagi seluruh perguruan tinggi di Wilayah Jawa Barat. Kegiatan yang dilaksanakan di kampus IKIP Siliwangi ini turut dihadiri oleh perwakilan dari seluruh PTS/PTN di lingkungan LLDIKTI IV guna menkaji kesiapan, perencanaan, proses, dan monitoring pelaksanaan merdeka belajar yang dilaksanakan oleh masing-masing PTS dan PTN di lingkungan LLDIKTI wilayah IV.

Kegiatan yang dilaksanakan LLDIKTI IV ini bertujuan untuk memberikan bimbingan teknis kepada para pimpinan perguruan tinggi agar menginternalisasi kembali sejauh mana proses dan progres implementasi merdeka belajar sudah terealisasi di perguruan tinggi baik pada aspek implementasi kurikulum, singkronisasi dengan kebutuhan akreditasi LAMDIK, penginputan ke dalam sistem PDDIKTI,  sehingga rangkaian acara disesuaikan berdasarkan kebutuhan PT dalam pelaksanaan merdeka belajar.

     

Adapun rangkaian kegiatan yang dilaksanakan meliputi: Sinkronisasi Merdeka Belajar dalam Akreditasi LAM Kependidikan dengan narasumber Prof. Dr. H. Muchlas Samani, M.Pd. Materi ini disajikan untuk mendeskripsikan dan memperjelas kembali pengakuan kredit point mahasiswa yang mengikuti program MBKM dapat dikonversi kedalam SKS, sehingga tidak ada lagi miskonsepsi dalam proses konversi nilai mahasiswa ke dalam SIAKAD PT maupun PDDIKTI. Materi berikutnya dilanjutkan dengan Pengembangan Kurikulum Pendidikan Tinggi dan Strategi Implementasi MBKM dengan narasumber Prof. Dr. H. Heris Hendriana, M.Pd. Materi yang dikemas memberi stimulasi kembali kepada para PT agar lebih inovatif dalam mengembangkan kurikulum yang mendukung implementasi MBKM.

       

Selanjutnya pada pukul 13.45 WIB materi dilanjutkan dengan Implementasi Merdeka Belajar dalam Sistem Penjaminan Mutu Internal dikupas tuntas oleh Dr. Nan Rahminawati, M.Pd. Paparan materi ini menyajikan kesiapan setiap PT untuk memastikan kembali agar penjaminan mutu internal melalui kegiatan audit mutu internal (AMI) dapat memonitoring dan mengevaluasi kegiatan MBKM. Materi terakhir ditutup dengan Teknis Pelaporan Merdeka Belajar dalam PDDIKTI dengan narasumber Agus Gumilar, ST., M.Kom. Ia menyampaikan pemutakhiran sistem di PDDIKTI kini sudah disesuaikan dengan kebutuhan sistem MBKM, sehingga diupayakan setiap PT dapat melaporkan secara rutin sesuai dengan penyesuaian yang sudah ditetapkan.

Rangkaian aktivitas ini diharapkan dapat memberikan pencerahan kepada seluruh program studi di perguruan tinggi Wilayah IV (Jawa Barat) guna menginternalisasi kembali komitmen dalam mengimplementasikan kurikulum merdeka belajar kampus merdeka dalam memfasilitasi seluruh mahasiswa agar siap menjadi lulusan yang kreatif dan berdaya saing global, serta memiliki kemandirian sesuai dengan bidang keilmuan yang diminatinya, ungkap Koordinator Fungsi Akademik LLDIKTI IV Agus Gumilar, ST.,M.Kom.

 

         

         

         

         

Tautan materi Pendampingan Internalisasi Merdeka Belajar kedalam Standar Nasional Pendidikan Tinggi Bidang Kependidikan Lingkungan Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi Wilayah IV

Scroll to Top