Kemendikbudristek Jalin Kerja Sama Program Praktisi Mengajar Angkatan 2 dengan IKIP Siliwangi

Serpong, 15 Mei 2023. IKIP Siliwangi menghadiri undangan Kemendikbudristek pada acara Penandatanganan Kerja Sama program praktisi mengajar angkatan 2 tahun 2023. Sperti yang telah disosialisasikan, Praktisi Mengajar merupakan Program yang diinisiasi oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia agar lulusan perguruan tinggi lebih siap untuk masuk ke dunia kerja. Program ini mendorong kolaborasi aktif praktisi ahli dengan dosen juara agar tercipta pertukaran ilmu dan keahlian yang mendalam dan bermakna antar sivitas akademika di perguruan tinggi dan profesional di dunia kerja. Kolaborasi ini dilakukan dalam mata kuliah yang disampaikan di ruang kelas baik secara luring maupun daring.

Tujuan dari program praktisi mengajar ini antara lain: 1) Menutup kesenjangan kompetensi lulusan baru dengan kebutuhan dunia kerja; 2) Mendorong kolaborasi perguruan tinggi dan industri dalam menyelenggarakan pembelajaran praktis dan aplikatif; 3) Meningkatkan relevansi skill lulusan perguruan tinggi Indonesia dengan kebutuhan dunia kerja dan industri. Melalui tujuan ini diharapkan mahasiswa maupun dosen IKIP Siliwangi yang berkolaborasi dalam program ini mampu menjawab berbagai kesenjangan dan tantangan dalam meningkatkan kualitas lulusan.

Penandatanganan kerja sama ini turut dihadiri seluruh PTN dan PTS di Indonesia, salah satunya kampus IKIP Siliwangi. Dihadiri oleh Rektor IKIP Siliwangi Prof. Dr. Hj. Euis Eti Rohaeti, M.Pd, Wakil Rektor Bidang Akademik Dr. Hj. Wikanengsih, M.Pd, dan Ketua UPT MBKM Galih Dani Septian Rahayu, M.Pd. Melalui penandatanganan kerja sama ini Rektor IKIP Siliwangi menjelaskan, “diharapkan IKIP Siliwangi mampu menjadi klaster perguruan tinggi yang akif dalam meningkatkan program-program yang dicanangkan pemerintah, salah satunya program praktisi mengajar, sehingga IKIP Siliwangi mampu bersinergi dalam menghasilkan lulusan-lulusan yang siap berkompetisi di lapangan dan setara dengan perguruan tinggi lainnya”.

Scroll to Top