Mahasiswa dan Alumni IKIP Siliwangi Ikuti Sosialisasi Program PPG Prajabatan 2023

Program PPG Prajabatan saat ini sedang mempeoleh perhatian dari mata publik, tidak terkecuali mahasiswa dan para alumni IKIP Siliwangi terutama para lulusan terbaru. Momentum yang tidak terlewatkan ini dimanfaatkan LPTK PPG IKIP SIliwangi, untuk mensosialisasikan program pendidikan profesi prajabatan, terkhusus bagi para calon lulusan, dan fresh graduate (lulusan baru). Dalam kegiatan sosialisasi ini dihadiri oleh Koordinator LPTK PPG IKIP Siliwangi Dr. Asep Samsudin, M.Pd, para ketua bidang studi PPG, mahasiswa, dan para alumni IKIP Siliwangi.

Meski dilaksanakan secara daring, namun kegiatan sosialisasi ini memperoleh animo yang sangat antusias dari para peserta yang hadir. Konten dalam sosialisasi ini membahas mengenai cara pandang mahasiswa dan lulusan mengenai pentingnya mengikuti program PPG Prajab dalam memperoleh kompetensi sebagai guru profesional yang akan dibutuhkan oleh seluruh lembaga pendidikan, sehingga setelah lulus mahasiswa harus mengedepankan kompetensi profesionalitas guru melalui pendidikan profesi yang ditempuh dalam waktu singkat selama satu tahun. Sehingga paradigma mahasiswa lulusan baru maupun lama akan memprioritaskan pendidikan profesi dlu sebelum terjun di dunia kerja, hal demikian mengacu pada himbauan Menteri Pendidikan bahwa, semakin tinggi kualitas/kompetensi lulusan seorang pendidik, maka akan semakin terbuka lebar kebutuhan lapangan kerja bagi para pendidik tegas Koordinator LPTK PPG IKIP Siliwangi.

Begitu halnya paparan yang dikemukakan oleh para ketua bidang studi PPG PGSD, Matematika, PGPAUD, Bahasa Indonesia, dan Bahasa Inggris sampaikan pada momentum breakout room, ke depan kebutuhan pendidik muda yang telah tersetifikasi akan jauh diprioritaskan oleh pemerintah dan lembaga pendidikan dibandingkan dengan lulusan mahasiswa baru yang hanya menguasai kompetensi pedagogik tapi belum tersertifikasi. Himbauan ini tentu memperoleh pertanyaan antusias dari para peserta sosialisasi seperti teknis pelaksanaan PPG Prajab, persyaratan peserta, hingga pendanaan yang disediakan oleh oleh GTK.

Sosialisasi ini diharapkan mampu membuka wawasan dan kesadaran mahasiswa dan lulusan tentang kesiapan kompetensi guru profesional yang harus disiapkan dari sejak dini, mengingat semakin banyaknya kompetitif guru-guru muda yang akan menggantikan generasi lama.

Scroll to Top