Semarak Student Activities to Reach Intelectual Achievement (SATRIA) IKIP Siliwangi 2023, Siap Cetak Generasi Unggul

Rabu, 30 Agustus 2023 merupakan hari yang bersejarah bagi mahasiswa angkatan 2023, mengingat hari di mana mereka dikukuhkan secara resmi sebagai mahasiswa baru IKIP Siliwangi. Student Activities to Reach Intelectual Achievement atau yang lebih di kenal dengan SATRIA, merupakan kegiatan orientasi bagi mahasiswa baru di mana di dalamnya disajikan ragam informasi penting dalam rangka memperkenalkan budaya kampus, teknis perkuliahan, kurikulum, dan ta’aruf baik antar mahasiswa baru maupun dengan para dosen.

 

Melalui tema yang transformatif dan inovatif “Revitalisasi Moralitas Guna Mewujudkan Siliwangi Muda yang Berintelektual dan Berjiwa Militan”. Dengan tema ini BEM IKIP Siliwangi sebagai panitia pelaksana mencoba menyajikan gagasan baru agar SATRIA tahun ini memberi implikasi yang signifikan terhadap revitalisasi moral guna mencetak mahasiswa yang siap secara mental dalam memperoleh pengalaman dalam menempuh pendidikan di IKIP Siliwangi, sehingga pengenalan budaya kampus tidak hanya memberi imput terhadap intelektual mahasiswa, melainkan berdampak pula terhadap karakter mahasiswa.

Rektor IKIP Siliwangi Prof. Dr. Hj. Euis Eti Rohaeti, M.Pd dalam sambutannya mengungkapkan, “Untuk mencapai genarasi emas di 1 Abad Indonesia Emas Tahun 2045, maka perlu ada upaya kuat dalam membentuk mental dan karakter mahasiswa, karena kelak kualitas demografi yang didominasi dari usia produktif akan diisi oleh kalian sebagai mahasiswa baru IKIP Siliwangi, sehingga manfaatkan waktu studi dengan berperan di berbagai kegiatan baik akademik maupun non-akademik”.

Wakil Rektor Bidang Sumber Daya Prof. Dr. Wahyu Hidayat, M.Pd menjelaskan, “Tujuan dari kegiatan SATRIA ini memberi dampak kepada mahasiswa baru agar mengenal lebih dalam konsep tri dharma perguruan tinggi, sehingga mahasiswa tidak hanya siap melakukan kewajibannya untuk studi, melainkan mereka akan paham peran dan posisinya sebagai Agent Social of Change kelak di masyarakat sebagai insan yang memiliki intelektualitas yang berkarakter”.

 

Sajian acara dalam SATRIA Tahun 2023 ini turut diramaikan dengan ragam Unit Keigatan Mahasiswa (UKM) , dengan tujuan agar mahasiswa tidak hanya mengenal konteks akademis saja, melainkan memberikan wawasan komprehensif bahwa kampus harus dijadikan sebagai wahana dalam mengembangkan skill agar menjadi pribadi yang unggul dan siap menghadapi tantangan dunia.

Scroll to Top