Melalui Program Gerakan IKIP SIliwangi Mengajar (GISMA) Mahasiswa IKIP Siliwangi Berhasil Ciptakan Ragam Karya Inovasi

Program Gerakan IKIP Siliwangi Mengajar (GISMA) merupakan salah satu program unggulan yang mengkolaborasikan kegiatan PPL dan KKN dalam mengimplementasikan nilai-nilai tri dharma perguruan tinggi, melalui gerakan mengajar mahasiswa yang ditempatkan di daerah-daerah yang membutuhkan inovasi pembelajaran. Di tahun ke-3 ini GISMA menjadi salah satu program yang iconik karena memperoleh animo yang luar biasa baik dari sekolah maupun masyarakat.

Melalui hasil monitoring dan evaluasi program GISMA dengan Dewan Pembina Yayasan Kartika Jaya (Ibu Kasad), para pimpinan Yayasan Kartika, dan Rektor didampingi para Wakil Rektor IKIP Siliwangi, para mahasiswa memaparkan berbagai karya inovasi selama dilaksanakannya kegiatan GISMA, di antaranya: 1) inovasi media pembelajaran calistung; 2) pemanfaatan barang bekas untuk membuat tempat sampah; 3) cemilan hits tradisional; dan 4) tempat sampah automasi berbasis ultrasonic.

Ragam karya inovasi ini sontak memperoleh perhatian dan animo baik di sekolah maupun dilingkungan masyarakat, pasalnya karya mahasiswa IKIP Siliwangi ini memberikan dampak yang langsung dirasakan oleh sekolah dan desa sebagai mitra kerja sama, sehingga antusias dan keterlibatan masyarakat pada GISMA 2023 ini memberi kesan yang berbeda dari kegiatan GISMA sebelumnya.

Rektor IKIP Siliwangi Prof. Dr. Hj. Euis Eti Rohaeti, M.Pd mengungkapkan, “Meski lokasi tempat praktik GISMA tahun ini berada di tiga kabupaten yang terdekat dengan lokasi kampus, namun IKIP Siliwangi berupaya agar implementasi program GISMA ini dapat dioptimalkan dan diprioritaskan bagi masyarakat terdekat, sehingga entitas IKIP Siliwangi dapat dirasakan kebermanfaatannya oleh masyarakat, dan mampu mengoptimalkan dalam meningkatkan Indikator Kinerja Utama (IKU) perguruan tinggi”.

Scroll to Top