Rektor IKIP Siliwangi, Inisiasi Kegiatan Inovatif Melalui Program Guru Besar Serentak Membangun Desa

Dalam upaya mengimplementasikan Program Perguruan Tinggi Mandiri Membangun Desa (PTM2D) Tipe 1 yang diinisiasi oleh LLDIKTI Wilayah IV, IKIP Siliwangi menjadi garda terdepan dalam pelaksanaan program tersebut, salah satunya adalah pelaksanaan Workshop yang bertemakan “Cerdas Berkarakter Melalui Literasi Numerasi dan Literasi Digital”.

Workshop yang bertema Cerdas Berkarakter Melalui Literasi Numerasi dan Literasi Digital ini dilakukan di Desa Tamanjaya, Desa Gunung Halu, Kbupaten Bandung Barat. Melalui workshop ini Rektor IKIP Siliwangi memberikan sumbangsih gagasan kepada para guru dan siswa di lingkungan Desa Tamanjaya agar mampu mengotimalkan kompetensi literasi numerasi dan literasi digital agar mampu membangun karakter pendidik dan pelajar yang memiliki wawasan global, sehingga siap dalam bersaing di era kompetitif seperti saat ini.

Tidak sampai di sana, Rektor IKIP Siliwangi mengajak para guru besar di lingkungan LLDIKTI Wilayah IV agar setiap karya inovasinya terhilirisasi kepada masyarakat desa, sehingga perguruan tinggi memiliki peran dan andil yang tepat dalam pembangunan SDM di pedesaan melalui ragam pelatihan inovatif bagi para pendidik sebagai upaya dalam menerapkan program pembangunan berkelanjutan.

Workshop ini mendapatkan sambutan hangat dari aparatur Desa Tamanjaya dan animo besar dari para pendidik (guru) dan siswa di Desa Tamanjaya Gununghalu. Hal tersebut dibuktikan dengan adanya diskusi interaktif antar guru dan siswa serta narasumber. Tapik yang banyak diperbincangkan adalah treatment dalam menyiapkan konten dan karya inovatif guru bagi pembelajaran yang menyenangkan di sekolah, salah satunya melalui pemanfaatan media digital.

 

Scroll to Top