Kunjungan Kolaborasi Keilmuan dan Penandatanganan Kerja Sama Antar IKIP Siliwangi dengan IPG Kampus Kent Malaysia

Kunjungan Kolaborasi Keilmuan dan Penandatanganan Kerja Sama antar IKIP Siliwangi dengan Malaysia kembali dilakukan. Saat ini lebih dari 3 perguruan tinggi di Malaysia telah melakukan kerja sama  keilmuan dengan IKIP Siliwangi. Adapun aspek kerja sama yang dilakukan meliputi tri dharma perguruan tinggi yang terdiri dari pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat.

Kerja sama ini bukan kali pertama dilakukan IKIP dengan IPG yang ada di Malaysia, namun merupakan rutinitas tahunan kunjungan yang dilakukan kampus-kampus pendidikan di bawah IPG untuk berkunjung sharing inovasi keilmuan dengan IKIP Siliwangi.

IPG Kampus Kent merupakan salah satu perguruan tinggi pendidikan di bawah IPG yang berada di Tuaran Sabah Malaysia. Tujuan kunjungan yang dilakukan IPG Kampus Kent yaitu untuk kolaborasi keilmuan, serta bertukar gagasan tentang karya inovasi yang sudah dilakukan.

Dalam acara kunjungan ini, diawali ngan penandatanganan MoU dan berita acara kegiatan kerja sama, dilanjutkan dengan persentasi dan sharing karya inovasi dari kedua perguruan tinggi. IKIP Siliwangi mendelegasikan kepada ibu Iis Siti Salamah Azzahra, M.Pd sebagai salah satu dosen dari program studi bahasa dan sastra Indonesia yang memiliki ragam karya inovasi berupa inovasi pembelajaran berbasis digital sekaligus menampilkan karya lainnya seperti aplikasi pembelajaran daring, kuis, online course dan lain-lain.

Sedangkan dari pihak mahasiswa IKIP Siliwangi dipaparkan oleh salah satu mahasiswa pascasarjana dari program studi pendidikan matematika, melalui pengembangan aplikasi pembelajaran matematic realistic berbasis android dan animasi.

Adapun dari pihak IPG Kampus Kent menampilkan beberapa kelompok mahasiswa yang berhasil membuat project media pembelajaran untuk meningkatkan minat dan semangat belajar siswa pada aspek membaca Al-Quran.

Karya inovasi yang telah dipaparkan selanjutnya direncanakan untuk didesiminasikan agar menghasilkan satu luaran artikel yang dapat diterbitkan.

Scroll to Top