Wisuda Sarjana Ke-39 dan Wisuda Pascasarjana Ke-18 IKIP Siliwangi

IKIP Siliwangi kembali melaksanakan Wisuda Sarjana ke-39 dan Wisuda Pascasarjana ke-18 yang dilaksanakan pada tanggal 15 November 2022 bertempat di Gedung Graha Panca Bhakti IKIP Siliwangi. Wisuda kali ini dilaksanakan secara luring penuh yang terbagi menjadi 2 (dua) sesi yaitu sesi pagi sebanyak 866 wisudawan dan sesi siang 909 wisudawan.


Total 1775 orang wisudawan hadir langsung di Aula Graha Panca Bhakti IKIP Siliwangi

Acara wisuda dimulai dengan pembukaan sidang senat terbuka yang dibuka oleh Rektor IKIP Siliwangi, Prof. Dr. Hj. Euis Eti Rohaeti, M.Pd. Kemudian dilanjutkan dengan sambutan dari Ketua Pembina Yayasan Kartika Jaya Pusat, Ny. Evi Sophia Indra. Sambutan terakhir disampaikan oleh Kepala LLDIKTI 4 Jawa Barat dan Banten, Dr. M. Samsuri, S.Pd., M.T, IPU.

Pembacaan Surat Keputusan dan Pembacaan Wisudawan Terbaik, disampaikan oleh Wakil Rektor Bidang Akademik, Dr. Hj. Wikanengsih, M.Pd. yang mengawali pelantikan seluruh wisudawan.

Rektor IKIP Siliwangi, Prof. Dr. Hj. Euis Eti Rohaeti, M.Pd. 

Dalam sambutannya, Rektor IKIP Siliwangi, Prof. Dr. Hj. Euis Eti Rohaeti, M.Pd. menyampaikan apresiasi terhadap para wisudawan yang telah menyelesaikan pendidikan di IKIP Siliwangi. Dalam konteks tahun politik 2023, beliau menekankan peran pendidikan tinggi dalam membentuk generasi milenial dengan literasi politik yang baik. Beliau mengajak mahasiswa untuk berpartisipasi aktif dalam pembangunan nasional dan bijak dalam menggunakan media sosial. Beliau juga menyoroti peran IKIP Siliwangi dalam mendidik calon guru dengan paradigma pembelajaran yang kolaboratif dan melibatkan penelitian. Program pelatihan bahasa Inggris dan IT juga diakui sebagai terobosan penting.

Selain itu, Prof. Dr. Hj. Euis Eti Rohaeti, M.Pd. juga menegaskan komitmen IKIP Siliwangi untuk menyediakan pendidikan berkualitas dengan biaya terjangkau. Beliau juga berpesan agar para wisudawan menjadi sosok pemberani, mengambil risiko yang terukur, dan menjadikan almamater sebagai sumber kebanggaan.

Rektor IKIP Siliwangi juga mengucapkan terima kasih kepada Yayasan Kartika Jaya, kepala LLDikti 4, panitia, mahasiswa, dan semua pihak yang mendukung penyelenggaraan wisuda. Beliau menutup sambutan dengan pantun yang ringan.

Ketua Pembina Yayasan Kartika Jaya Pusat, Ny. Evi Sophia Indra

Ketua Pembina Yayasan Kartika Jaya Pusat, Ny. Evi Sophia Indra, menyampaikan selamat kepada para wisudawan dan mengucapkan terima kasih kepada berbagai pihak yang terlibat. Beliau menekankan pentingnya bekal ilmu, keterampilan, etika, dan teknologi dalam menghadapi dunia kerja yang kompleks. Beliau memovitasi agar wisudawan senantiasa menjadi pembelajar sepanjang hayat, terus berinovasi, serta menjaga etika dan moral.

Ketua Pembina YKJ Pusat berbagi pengalaman pribadi dan menyoroti keberhasilan sosok sang suami yang dianggap memberikan inspirasi untuk menjalani kehidupan setelah keluar dari lingkungan akademis. Beliau berpesan agar para wisudawan tetap menjalankan ibadah dan berdoa kepada tuhan YME, serta menjalani kehidupan dengan penuh optimisme, harga diri, dan nasionalisme.

Ketua Pembina YKJ juga berharap agar IKIP Siliwangi terus menjaga komitmen dalam meningkatkan kualitas pendidikan dan berperan aktif dalam membentuk tenaga pendidik yang unggul. Beliau mengakhiri sambutan dengan ucapan terima kasih kepada panitia dan berharap langkah selanjutnya selalu mendapat petunjuk dari Tuhan.

Kepala LLDIKTI 4 Jawa Barat dan Banten, Dr. M. Samsuri, S.Pd., M.T, IPU

Dilanjutkan oleh Kepala LLDIKTI 4 Jawa Barat dan Banten, Dr. M. Samsuri, S.Pd., M.T, IPU, yang menyampaikan apresiasi kepada IKIP Siliwangi sebagai perguruan tinggi yang taat azas dibuktikan dengan menyampaikan pelaporan seluruh proses belajar mengajar atau Tridarma baik dosen maupun para mahasiswanya di pangkalan data pendidikan tinggi, sehingga dapat dipastikan bahwa tanda lulus berupa ijazah yang diterima terjamin legalitasnya. Beliau menekankan pentingnya kreativitas, inovasi, dan kemampuan beradaptasi dalam menghadapi lingkungan kerja. Beliau juga menyoroti peran lulusan sebagai problem solver dan penekanan pada akhlak mulia.

Galeri Foto Wisuda

Siaran Ulang

Sesi Pagi

Sesi Siang

RBP

Scroll to Top