Berbagi Ilmu di Masyarakat, Tim Dosen dan Mahasiswa IKIP Siliwangi Laksanakan Pengabdian pada Masyarakat

Cianjur, Jawa Barat – 20 Februari 2024 – IKIP Siliwangi, melalui program pengabdian kepada masyarakat (PKM), menyelenggarakan workshop bertajuk “Pembelajaran Inovatif pada Era Digital untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran dan Profesionalitas Guru” di Kantor Kecamatan Cidaun, Kabupaten Cianjur, pada tanggal 19-20 Februari 2024.

Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran dan profesionalitas guru di era digital, yang diikuti oleh para guru dari berbagai sekolah di wilayah Cidaun.

Workshop ini menghadirkan beberapa dosen dari IKIP Siliwangi sebagai narasumber yang memaparkan materi tentang strategi pembelajaran inovatif dan pemanfaatan teknologi digital dalam pembelajaran.

Sambutan sekaligus pembukaan acara kegiatan Pengabdian Pada Masyarakat di Kec. Cidaun oleh Prof. Dr. H. Heris Hendriana, M.Pd mewakili IKIP Siliwangi

Acara dibuka secara resmi oleh Direktur Pascasarjana IKIP Siliwangi, Prof. Dr. H. Heris Hendriana, M.Pd., yang mewakili rektor. Dalam sambutannya, Prof. Heris menekankan pentingnya bagi guru untuk terus belajar dan mengembangkan diri agar mampu mengikuti perkembangan zaman dan memberikan pembelajaran terbaik bagi para siswa.

“Di era digital ini, guru dituntut untuk menggunakan teknologi digital dalam pembelajarannya agar dapat menarik minat dan meningkatkan pemahaman siswa,” ujar Prof. Heris.

Hadir pula dalam kesempatan kali ini, Kordik Wilayah Cidaun, Bapak Canti Hayat, M.Pd, lalu Pemilik PAUD dan PKBM Cidaun dan Naringgul, Bapak Sarkosih, S.Pd., M.Si. dan Camat Cidaun, Bapak Koswara, S.Pd, M.Pd.


(Dokumentasi Foto: Sharina Munggaraning Westhisi)

Kegiatan PKM ini disambut baik oleh para guru peserta di Cidaun. Salah satu peserta workshop, Ibu Nia, seorang Guru PAUD mengatakan bahwa materi yang disampaikan sangat bermanfaat dan dapat diterapkan dalam pembelajaran di kelas.

Dosen IKIP Siliwangi, Dr. R. Ika Mustika, M. Pd. di sela pemaparannya mengenai Pemahaman CP, TP, dan ATP dalam Kurikulum Merdeka menanyakan kesan dari Ibu Nia
Pemaparan Materi dilanjutkan oleh Bapak Galih Septian, M.Pd

“Saya sangat senang mengikuti workshop ini. Materinya sangat bermanfaat dan memberikan banyak ide baru untuk pembelajaran di kelas,” ujar Ibu Nia.

  Pemaparan Materi Penyusunan Perangkat Pembelajaran berbasis ICT oleh Ibu Dr. Anik Yuliani, M.Pd & Sheilla Salsabila Al Jabar
Pengabdian pada masyarakat di SMKN 1 Sindangbarang bersama Bpk M Rezza Septian, M.Pd.
Pengabdian pada masyarakat di SMKN 1 Naringgul, pemateri Bpk Indra Permana, M.Pd.

Kegiatan diakhiri dengan Pemberian Plakat dan Foto Bersama.

 

 

Foto bersama seluruh unsur terlibat di PPM Cidaun

Kegiatan PKM ini merupakan salah satu bentuk komitmen IKIP Siliwangi untuk berkontribusi dalam meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia.

Scroll to Top